Beranda » Penyuluhan » Metoda PP di Muaro Jambi

Metoda PP di Muaro Jambi

Pengelola Blog

Nama: Tatang, S.St.Pi
Bekerja Pada Pusat Penyuluhan KP
Badan Pengembangan SDM KP
Kementerian Kelautan dan Perikanan

Arsip Artikel

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 16 pengikut lainnya.


Oleh : Tatang, S.St.Pi.

Metode penyuluhan adalah cara/teknik penyampaian materi penyuluhan oleh penyuluh kepada pelaku utama dan pelaku usaha agar mereka tahu, mau, dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan, sumberdaya lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha,pendapatan, dan kesejahteraannya, serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Metoda penyuluhan yang dilaksanakan oleh penyuluh  yang berkedudukan di Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Provinsi  Jambi  maupun penyuluh pada Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Muaro Jambi, teknik  penyampaian materi penyuluhannya tidak dapat dilakukan secara langsung menggunakan Sistim LAKU (Latihan dan kunjungan) sebagaimana yang dilakukan secara periodik oleh penyuluh lapangan yang satminkalnya berada di Balai Penyuluhan di setiap  kecamatan. Hal ini karena tidak memiliki wilayah binaan yang berhadapan langsung dengan pelaku utama dan pelaku usaha. Peran penyuluh provinsi maupun kabupaten/kota lebih diarahkan untuk pembinaan terhadap ketenagaan penyuluh dan kelembagaan serta memfasilitasi penyediaan sarana dan materi penyuluhan yang diperlukan.  Kecuali untuk kegiatan yang bersifat massal seperti Temu, Rembug, Mimbar Sarasehan dan lain-lain, pembinaan dapat dilaksanakan langsung kepada pelaku utama dan pelaku usaha.

Penyuluh di Kabupaten Muaro Jambi selama ini sebelum diinpassing menjadi penyuluh perikanan, masih berstatus sebagai penyuluh pertanian, terpaksa harus mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan, dimana pendekatan penempatan wilayah binaan penyuluh  adalah berdasarkan pendekatan “ one man one Village “ dimana tugas pokok dan fungsi penyuluh menganut azaz Polivalen,

Sedangkan Metoda penyuluhan yang dilakukan oleh penyuluh provinsi di Wilayah Binaan Kabupaten Muaro Jambi adalah sebagai berikut:

  1. Pembinaan secara periodik dilakukan setiap bulan ke Kantor Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Muaro Jambi yakni pada saat Pertemuan Kepala Bapeluh dengan para penyuluh seluruh kabupaten yang jadwalnya disepakati pada saat gajian, sehingga berkesempatan untuk bisa bertemu dengan seluruh penyuluh. Pada pertemuan ini dapat dimanfaatkan waktu seluas2nya untuk menerima masukan/ permasalahan yang terjadi dilapangan selama satu bulan berjalan dan  menyampaikan informasi baru baik teknis maupun  non teknis/kebijakan. Pada saat pertemuan bulanan akan dicatat jadwal pertemuan Balai Penyuluhan yang menghendaki kehadiran penyuluh provinsi sebagai narasumber. Kegiatan ini hanya dapat dilakukan untuk jadwal rutin setiap  minggu karena terbatasnya  biaya operasional, kecuali untuk kegiatan yang bersifat insidentil dan biaya perjalanannya dapat difasilitasi oleh pelaksana kegiatan.
  2. Pertemuan  insidentil dengan penyuluh di wilayah binaan dilakukan pada saat adanya undangan untuk kegiatan-kegiatan lapangan yang sasarannya bersifat kelompok/massal  seperti Temu lapang, Temu usaha, sarasehan, panen raya dan laini-lain dilaksanakan diwilayah binaan penyuluh lapangan .  Hal ini juga terbatas dapat dihadiri karena terbatasnya dana , kecuali biaya perjalanan dapat ditanggung oleh pelaksana kegiatan.
  3. Pembinaan ke Sentra kawasan pengembangan perikanan budidaya yang ada dalam wilayah binaan di Kabupaten Muaro Jambi hanya dapat dilakukan secara rutin sebulan sekali  untuk tiap kawasan yaitu di Desa Pematang Jering, Kecamatan Jambi Luar kota untuk Sentra kawasan pengembangan budidaya di karamba/jaring apung (KJA). Sedangkan untuk sentra  kawasan kolam terdapat di Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam dan Desa Pudak di Kecamatan Kumpe Ulu.
  4. Melaksanakan koordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi upaya meningkatkan peran Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan di Provinsi Jambi selaku wadah satuan administrasi pangkal (Satminkal) para penyuluh yang berada di provinsi.  Untuk itu telah disusun jadwal koordinasi secara rutin setiap seminggu sekali. Hasil koordinasi  yang akan dijadikan sebagai bahan/materi dalam melakukan pembinaaan/penyuluhan di sentra kawasan perikanan yang telah dijadwalkan.

 Demikian Semoga Bermanfaat.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: