Profil POKDAKAN TUNAS BARU – KAB. MUARO JAMBI


Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) TUNAS BARU berlokasi di Desa Pudak, Kecamatan Kumpe Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.  Sentra Kawasan Pudak Pokdakan Tunas Baru terbentuk pada Tahun 2004, diawali dengan pembangunan sebanyak 12 unit kolam secara swadaya atas gagasan Bapak Timan yang sekarang sebagi Ketua Kelompok. Hasil panen perdana sangat bagus sehingga dapat dikembangkan menjadi 30 unit.

Pokdakan ini merupakan pelopor bertumbuh kembangnya minat masyarakat disekitarnya untuk benusaha di bidang budidaya kolam sehingga menjadi Sentra Kawasan Pudak dan saat ini telah  dan menyebar sampai  ke 3 desa tetangga lainnnya yaitu Desa Kota Karang, Lopak Alai dan Tarikan dan juga   menjadi MINAPOLIS karena kabupaten Muarojambi ditetapkan sebaga iKawasan Percontohan Program MINAPOLITAN  sesuai Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor: 32/MEN/2010, Tanggal 14 Mei 2010.

Pertumbuhan kolam cukup pesat di kawasan karena masyarakat bisa melihat sendiri hasil panen kolam yang memberikan pendapatan yang jauh lebih baik ketimbang mereka mengusahakan lahan dengan komoditas padi sawah. Saat ini jumlah Pokdakan di Sentra kawasan Pudak sebanyak 13 kelompok dengan jumlah anggota sebanyak 365 kelompok dan jumlah kolam 1.737 unit dengan ukuran kolam berkisar antara 200-300 M2 per unit `Komoditi utama yang dibudidayakan adalah ikan patin dan sebagian ada yang dipolikultur  dengan komoditi  ikan nila,  gurame dan lele.

Padat tebar benih patin antara 3.000-5.000 ekor  per unit kolam. Setelah masa pemeliharaan kurang lebih 6 bulan, akan diperoleh hasil panen ikan konsumsi sebanyak 1,5-2,5 ton dengan ukuran berat rata-rata 500 gram per ekor dan konversi pakan sebesar 1,3-1,5.

VISI:

” Menjadikan Desa Pudak sebagi Sentra Perikanan Budidaya kolam yang handal dan mandiri ”

MISI:

  • memotiasimasyarakat menjadi pembudidaya ikan yang tangguh
  • menjadikan Pokdakan Tunas Baru sebagai Pusat Pelatihan Perikanan Budidaya adan Pengolahan ikan di Sentra kawasan Pudak
  • meningkatkan volume produksi budidaya dengan kualitas ekspor
  • Menjadikan Pokdakan Tunas Baru sebagai kelompok Andalan diKabupaten Muaro Jambi khususnya dan Provinsi Jambi pada umumnya.
  • Meningkatkan Diversifikasi usaha Pokdakan
  • Ketua                          : Timan
  • Sekretaris                  : Purwadi
  • Bendahara                  : Masrohan

Seksi-seksi:

  1. Lahan dan Pengaran  :Suprianto
  2. Sarana Produksi       : Muji S
  3. Pemasaran                : Saiful
  4. Humas                         : Agus

Aktifitas kegiatan  pembudidaya ikan di sentra kawasan Pudak tidak hanya terbatas untuk kegiatan produksi melainkan juga penyediaan sarana produksi dan membuat produk olahan upaya meningkatkan efisiensi biaya produksi dan nilai tambah produk hasil usaha disampaing dapat membuka lapangan kerja baru sebagai berikut

  1. Membuat produk olahan hasil perikanan budidaya seperti Abon Patin, kerupuk ikan dan panganan  lainnya yang bahan bakunya berasal dari ikan.
  2. Memproduksi pakan ikan menggunakan mesin pellet. Jumlah mesin pellet yang dimiliki 27 unit dengan kapasitas 500-1.000 kg/hr.
  3. Hatchery skala rumah tangga (HSRT) dan pendederan di kolam dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan benih yang berkualitas karena jarak tempuh yang dekat dengan lokasi budidaya.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s