Pakan Alternatif Untuk Ikan Gurame


Oleh: Tatang, S.St.Pi.

Gurame identik dengan daun sente. Di mana ada kolam gurame, maka di situ pasti ada tanaman sente. Pembudidaya yakin Alokasia macrorrhizos itu merupakan pakan wajib gurame. Bisakah fungsinya digantikan dengan tanaman lain?

 Jamak bagi pembudidaya gurame untuk menanam sente 2-3 bulan sebelum menebar benih gurame. Daun kerabat keladi itu merupakan pakan utama gurame. Pembudidaya gurame mewajibkan sente sebagai pakan utama dalam pembesaran gurame. Menurut informasi yang mereka ketahui, bahwa daun sente kaya serat yang dapat memperlancar proses pencernaan gurame.

 Pemberian Tanaman Sente

Tanaman sente memiliki kandungan senyawa saponin, flavonoid, dan polifenol yang terdapat pada tangkai dan daun sente. Kandungan senyawa tersebut dapat meningkatkan daya tahan ikan terhadap serangan penyakit, terutama penyakit bisul dan mata belo.

Oleh karena itu, banyak pembudidaya yang mewajibkan pemberian pakan hijauan berupa tanaman sente. Pada saat pemberian sente ini sebaiknya dipisah antara daun dan tangkainya. Daun sente dapat diberikan secara langsung kepada ikan. Perlakuan pemberian tangkai terlebih dahulu diiris tipis agar tangkai dapat seluruhnya dimakan oleh gurame, mengingat cara makan gurame adalah menyabik makanannya.

          Sente baik untuk diberikan sebagai pakan hijauan dan tambahan untuk menyiasati harga pakan pabrik yang makin mahal, tapi bukan yang utama. Apalagi kini sente makin sulit didapat. Para pembudidaya harus membeli daun sente dengan harga Rp250/lembar. Untuk 1.000 ekor gurame saja diperlukan sedikitnya 10 lembar daun sente. Oleh karena itu, masih ada tanaman lain yang bisa dijadikan pakan hijauan untuk gurame.

Pakan Hijauan Alternatif  

Banyak pembudidaya gurame memberikan daun pepaya sebagai pakan hijauan pada gurame. Padahal daun pepaya tidak disarankan, karena kandungan getah papain tinggi yang dapat merusak kualitas air. Pakan hijauan selain sente yang dapat diberikan pada gurame adalah :

a. Caisin. Pemberian caisin pada gurame tidak kalah dengan pemberian sente. Kesehatan gurame tetap terjaga dan pertumbuhan gurame tetap dapat tumbuh dengan baik. Jika dibandingkan harganya, harga caisin lebih terjangkau daripada harga sente.

b. Kangkung darat. Kangkung darat dapat ditanam pada pinggir kolam. Bahkan kangkung darat banyak ditemukan karena dapat tumbuh secara alami dengan sendirinya di pinggir kolam. Keuntungan menanam kangkung darat ini karena pertumbuhannya lebih cepat tumbuh daripada sente. Jika sente butuh tempat sedikit terlindung dan kelembapan tinggi untuk dapat tumbuh, kangkung darat adaptif di lingkungan tanpa naungan.

c. Kimpul atau talas. Kimpul atau talas (Xanthosoma violaceum) juga baik bagi gurame. Namun, lantaran bergetah, pembudidaya gurame sebaiknya melayukan daun kimpul sebelum memberikannya pada gurame.

Apa pun jenis dedaunan yang diberikan sebagai pakan hijauan, sebaiknya masih muda dan mudah dicerna. Pun, pemberian dedaunan itu sebaiknya tidak lebih dari 2% dari bobot tubuh per hari.

Iklan

9 Comments Add yours

  1. Budi berkata:

    Wah menarik ini tipsnya, makasih panduan variasi pemberian pakan untuk guramenya.

    Suka

    1. risky ch berkata:

      Pak mhon saran saya baru tebar gurameh y 4 gram/ekor total 1000 ekor, pakan yang bagus. Untuk awal2 ? Trima kasih

      Suka

  2. Herisman.Is berkata:

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakathu.

    Saya sangat suka dengan tulisan Pakan Alternatif untuk Ikan Gurame ini, dan saya mohon izin untuk menggunakan sebagai bahan bacaan bagi petani ikan di tempat saya.

    Wasalam

    Herisman.Is

    Suka

  3. Basuki H. berkata:

    Ok, tks atas infonya n cocok dg usaha budidaya dirmh. Tp ada prtanyaan lg, cara yg efektif pmanfaatn tangkai sente gmn? Karna klo diiris butuh waktu, tks atas infonya.

    Suka

    1. suksesmina berkata:

      Pak Basuki yang terhormat, mungkin untuk batang talasnya bisa di fermetasi dulu sebagaiman yang sudah bapak lakukan jadi sesuai dengan konsep ekonomi biru (zero waste) …monggo artikel tentang fermentasi batang talasnya di share dong: terima kasih

      Suka

  4. Pakan gurame berkata:

    Terimakasih tulisan ini sangat membantu dalam mengurangi ketergantungan pakan pabrik sehingga keuntungan petani bisa naik. Saya minta izin menambahkan satu jenis pakan gurame alternatif yang dapat dikembangkan di kolam maupun di persawahan yakni berupa tumbuhan air azolla microphylla yang memiliki perkembangan sekitar 35% setiap hari dan memiliki kandungan protein, vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk pertumbuhan ikan gurame. Untuk info lebih lanjut http://bibitazolla.blogspot.com/2014/01/pakan-gurame-atau-gurami.html
    Atau untuk pemesanan bibit azolla microphylla bisa hubungi 082163282859

    Suka

    1. suksesmina berkata:

      pakan Gurame baik pak, dengan senang hati bisa share dengan bpk. semoga semakin maju usahanya

      Suka

  5. suksesmina berkata:

    pak Budi, baik Terima kasih juga atas kunjungan bpk ke laman blog saya; pak Harisman, Silahkan pak sama2 menyebarkan informasi yang bermanfaat bagi pelaku utama perikanan

    Suka

  6. komeng berkata:

    tanks buat pemblajaran y smua,smoga brmanfaat tk saya&smua yg mmbaca y..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s