MEMPERCEPAT PERKEMBANGAN IKAN BETUTU


MEMPERCEPAT PERKEMBANGAN IKAN BETUTU

Oleh: Tatang, S.St.Pi.
Marble goby atau lebih dikenali ikan betutu, haruan merupakan spesies ikan air tawar namun dapat juga hidup di kawasan air payau. Kebiasaan gemar tinggal di kawasan air berarus tenang dan banyak tempat untuk bersembunyi, seperti batu-batuan dan tumbuhan air. Bersifat omnivora, memakan daging dengan memakan anak² ikan kecil, udang, siput dan ketam kecil bahkan buah-buah tertentu seperti buah sawit. Bersifat pendiam dengan aktif pada waktu malam hari (nocturnal). Betutu dapat mencapai pembesaran sehingga 50 cm atau 2kg dalam masa 2 tahun.
Betutu dapat dibiakkan dengan bermacam-macam wadah budidaya, seperti :
• Kolam tanah
• Aquarium fiber glass
• Aquarium kaca
• Kolam semen
Kolam tanah lebih dianjurkan karena menyerupai habitat aslinya. Sedangkan aquarium walaupun cocok untuk yang tidak memiliki lahan luas, namun kurang disarankan. Karena sifat agresif betutu saat menyergap mangsanya, dapat menyebabkan cedera pada mulutnya akibat dari bentuk aquarium yang persegi dan mempunyai sudut. Jika sampai mulutnya cedera, maka bisa menghambat pertumbuhan akibat susah untuk makan. Aturan pembuatan kolam betutu :
• Kepadatan ikan 16 ekor / kaki persegi ( 1 meter = 3 kaki ).
• Pencahayaan samar-samar dengan penggunaan tumbuhan akuatik dan plastik hitam sebagai pelindung cahaya matahari langsung.
• Penyediaan tempat bersembunyi, bisa dari genting atau pipa PVC.
• Kedalaman air yang sesuai untuk penetapan suhu air dan diperkirakan betutu bisa mengejar anak ikan. Tinggi air cukup 40 cm-50 cm.
• Kandungan oksigen terlarut DO > 5 mg/ l.
Pembesaran betutu dengan pakan alami seperti udang sungai atau ikan guppy (cetol) butuh waktu 8 – 12 bulan dari ukuran 10 cm ke 400 gram. Tetapi kalau di kasih pakan pelet dari ukuran 10 cm ke 400 gram butuh waktu 5-6 bulan. Sedang dari ukuran 1 ons lebih cepet kurang lebih 3 bulanan. Pelet yang digunakan mesti amis, minimal protein 36%. Makin amis makin bagus. Dengan pemberian pakan pelet akan mudah menghitung FCR dan HPP nya, dan jatuhnya harga pelet juga lebih murah di banding harga pakan seperti udang dan ikan guppy (cetol), di samping itu kwalitas air juga lebih awet. Semakin cepat besar, semakin cepat pula panennya. Tinggal bagaimana caranya kita membiasakan betutu makan pelet dari pabrik…. Semoga Bermanfaat.

Informasi Lebih Lanjut Bisa menghubungi
Telp (021) 3513255, Fax (021) 3513328

Contact Person:
Tatang, S.St.Pi; HP o85219866648

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s