POTENSI PERIKANAN KABUPATEN PESISIR SELATAN, MENUNGGU DIKEMBANGKAN


Letak Geografis Kabupaten Pesisir Selatan berada pada 0º , 59” LS – 2º , 29’ LS dan 100º , 19’ BT – 100º , 18’ BT dengan luas daratan ± 5.749,89 Km². Potensi perairan dalam yang mendukung usaha perikanan diantaranya berupa perairan laut sekitar 84.312 Km² dengan panjang garis pantai 234,20 Km. Pesisir Selatan merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang memiliki 304 buah desa dengan 37 nagari yang berada pada 12 Kecamatan. Sebagai bahan informasi ada 9 kecamatan merupakan kecamatan pantai (memiliki potensi perikanan).

Sumberdaya hayati yang ada salah satunya berupa sumberdaya ikan. Kabupaten Pesisir Selatan sangat kaya dengan jenis ikan, walaupuan pemanfaatanya secara optimal, namun sudah cukup mendorong kesejahteraan nelayan dan masyarakat perikanan di kabupaten yang terkenal dengan keindahan pulau-pulaunya. Jenis ikan yang umum dihasilkan dari penangkapan ikan nelayan Pesisir Selatan diantaranya: Ikan pelagis besar dan kecil (34.008 ton/tahun); Ikan demersal (60.435,73 ton/tahun); Ikan hias air laut (14.516.400 ekor/tahun); Udang-udangan (556,27 ton/tahun). Untuk menunjang ekosistem perairan laut dan usaha penangkapan ikan disini terdapat ekosistem hutan mangrove seluas ± 325 Ha dan terumbu karang : Sepanjang perairan pantai.

Sebagai salah satu kabupaten yang memilikipulau-pulau kecil Kabupaten Pesisir Selatan memiliki perairan teluk, terdapat 5 buah teluk yaitu T. Mandeh, T. Painan, T. Sei Nipah, T. Betung, T. Sei Bungin. Potensi yang belum secara optimal tergarap diantaranya berupa potensi budidaya laut. Perairan yang cukup tenang (karena terlindung oleh teluk/pulau) menjadikan kabupaten ini sangat potensial untuk pengembangan budidaya laut. Berdasarkan data yang ada luas potensi untuk budidaya laut sebesar 2347.72 Ha ditambah dengan potensi budidaya air payau sebesar 26.278,18 Ha. Kabupaten Pesel (Pesisir Selatan) memiliki pulau-pulau kecil sebanyak 53 pulau, luas rawa 491 Ha yang dilengkapi dengan 22 buah sungai.

Secara khusus Produksi Perikanan Tangkap, Potensi sumberdaya ikan laut 95.000 ton/tahun, produksi Pada Tahunn 2010 sebesar 30.362,29 ton, potensi peningkatan produksi 46.151,3 ton. Peningkatan produksi diarahkan pada komoditi tuna dan ikan pelagis besar lainnya.

Produksi perikanan budidaya berupa ikan bandeng dikembangkan pada lahan 12,24 Ha dengan total produksi 10.5 Ton per siklus berupa bandeng umpan dan bandengan konsumsi. Produksi hasil tambak ini bertujuan untuk mendukung optimalisasi hasil penangkapan ikan tuna. Potensi lahan untuk pengembangan komoditas ini sebesar 1020 Ha. Komoditas lain yang potensial adalah budidaya Rumput laut potensi pengembangan 700 Ha, Potensi pengembangan Ikan kerapu sebesar 1.135 Ha serta potensi pengembangan udang sebesar 200 Ha; potensi pengembangan ika nila sebesar 12.000 Ha dan potensi pengembangan lele sebesar 11.000 Ha.

Bidang Pengolahan Hasil Perikanan Secara umum berpotensi diseluruh Kecamatan Pantai yaitu berupa Pengeringan Ikan (Bada, Teri, Ikan Asin) berkembang di Kecamatan Koto XI Tarusan, IV Jurai, Batang Kapas, Sutera, Lengayang, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti dan Pancung Soal; Kudapan Teri di Kecamatan Sutera; Rakik Maco di Kecamatan IV Jurai; Rendang Lokan, Rendang Tuna, Rakik Loka, dan Tojin Lokan di Kecamatan Pancung Soal; Bandeng Presto (Kelompok Pemula) di Kecamatan Koto XI Tarusan.

Ditilik dari potensi perikanan yang cukup besar dan beragam, Kabupaten Pesisir selatan cukup potensial untuk dikembangkan menjadi sentra perikanan yang menjadi factor pendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat perikanan di kabupaten ini.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s