Lampung Timur dekat dengan ikan


             Kabupaten Lampung Timur merupakan salah satu dari enam kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki perairan laut sehingga potensi yang dimiliki sangat beragam mulai dari penangkapan di laut, perairan umum, budidaya laut, budidaya air payau, air tawar dan budidaya perairan umum beserta hasil ikutannya berupa hasil-hasil pengolahan. Besarnya potensi ini karena didukung perairan laut (Laut Jawa), dilewati 35 aliran sungai besar dan kecil serta irigasi teknis Punggur Utara, Way Jepara dan Way Curup juga memiliki cekdam dan danau yang semuanya merupakan potensi untuk kegiatan perikanan tangkap dan budidaya.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Lampung Timur, Way Kanan dan Kota Metro. Wilayah Kabupaten Lampung Timur membentang pada posisi 1050 15” BT – 1060 20” BT dan 4037’ LS – 50 37’ LS dengan luas daratan ± 5.325,03 Km2 atau sekitar 15 % dari total luas wilayah Provinsi Lampung ditambah daratan di Pulau Segamat dan Perairan Laut yang berbatasan langsung dengan perairan laut Provinsi Banten dan DKI Jakarta.

            Dibandingkan dengan Kabupaten / Kota lain di Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Timur masih tergolong Kabupaten baru karena baru terbentuk pada tahun 1999, tetapi walaupun demikian pembangunan Perikanan dan Kelautan di Kabupaten Lampung Timur terus dipacu agar bisa sejajar dengan Kabupaten-Kabupaten lain yang sudah maju, hal ini sesuai dengan Visi Dinas Kelautan  dan Perikanan Kabupaten Lampung Timur yaitu : “Terwujudnya Lampung Timur sebagai Pusat Pengembangan Perikanan dan Kelautan bagi kesejahteraan masyarakat“. Untuk mencapai visi tersebut, maka pembangunan perikanan pada hakekatnya adalah meningkatkan taraf hidup petani ikan/nelayan/pengolah, meningkatkan pemanfaatan dan pelestarian Sumber Daya Ikan (SDI) serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dalam upaya mencapai sasaran tersebut, maka pada tahun 2011 telah dilaksanakan berbagai program dan kegiatan antara lain pembangunan sarana dan prasarana, pelestarian sumber hayati perikanan, peningkatan produksi perikanan dan peningkatan mutu hasil perikanan dan peningkatan kualitas serta kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) baik aparatur maupun pelaku usaha perikanan.

 

1.   Geografi

Secara geografis Kabupaten Lampung Timur terletak pada koordinat 105˚ 15’ Bujur Timur hingga 106˚ 20’ Bujur Timur dan 4˚ 45’ Lintang Selatan hingga 5˚ 39’ Lintang Selatan secara administrasi wilayah Lampung Timur berbatasan dengan :

  • Disebelah Utara dengan Kecamatan Rumbia, Seputih Surabaya, Bandar Surabaya dan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Tulang Bawang.
  • Sebelah Selatan dengan Kecamatan Tanjung Bintang, Tibung, Palas, dan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan.
  • Sebelah Timur dengan Laut Jawa, Provinsi Banten dan DKI Jakarta
  • Sebelah Barat dengan Kecamatan Bantul dan Metro Raya Kota Metro serta Kecamatan Seputih Raman dan Punggur Kabupaten Lampung Tengah.

Kabupaten Lampung Timur terdiri dari 24 Kecamatan dan 233 Desa. Adapun masing-masing Kecamatan mempunyai luas wilayah dan jumlah desa dapat dilihat pada tabel 1 (satu).

Pada tahun 2011 Kabupaten Lampung Timur berpenduduk 957.479 jiwa yang terdiri dari 492.429 jiwa (51,43 %) berjenis kelamin laki-laki dan 465.050 jiwa (48,57 %) perempuan. Untuk lebih jelasnya jumlah penduduk berumur 15 tahun keatas yang bekerja menurut lapangan usaha dapat dilihat pada tabel 2 (dua).

2.   Topografi

Menurut kondisi topografi Kabupaten Lampung Timur dapat dibagi ke dalam  5 (lima) satuan topografi yaitu :

  1. Daerah berbukit sampai bergunung, terdapat di Kecamatan Jabung, Sekampung Udik dan Labuhan Maringgai serta Sukadana dengan ketinggian rata-rata 600 m dpl.
  2. Daerah berombak sampai bergelombang yang dicirikan oleh bukit-bukit sempit dengan kemiringan antara 8 % hingga 15 % dan ketinggian antara 50 sampai 200 m dpl.
  3. Daerah dataran alluvial, mencakup kawasan yang cukup luas meliputi wilayah bagian timur sampai mendekati pantai timur, juga merupakan bagian hilir dari Way Seputih, Way Sekampung dan Way Pengubuan. Ketinggian kawasan ini berkisar antara 25 hingga 75 meter dpl dengan kemiringan 0 hingga 3 derajat.
  4. Dataran rawa pasang surut disepanjang pantai timur dengan ketinggian 0,5 m hingga 1 m dpl.
  5. Daerah aliran sungai yaitu Way Seputih, Way Sekampung, Way Penet, Way Kambas dan Way Jepara.

3.   Iklim

Kabupaten Lampung Timur berdasarkan Smith dan Ferguson termasuk dalam kategori B yang dicirikan dengan bulan basah selama 6 bulan yaitu Desember – Juni dengan temperature rata-rata 24˚C – 34˚C. Curah hujan merata tahunan sebesar 2.000-2.500 mm. jenis tanah rata-rata di Kabupaten Lampung Timur umumnya didominsai oleh jenis poldosik merah kuning, kekuning-kuningan, latosol coklat kemerahan, latosol merah, hidromorf kelabu, alluvial hidromorf, regosol coklat kekuningan, latosol merah kekuningan, alluvial coklat kelabu dan latosol merah.

4.   Hidrologi

Di Kabupaten Lampung Timur mengalir satu satuan wilayah sungai utama yaitu SWS Seputih–Sekampung, sedang sungai yang melintasi Kabupaten Lampung Timur berjumlah 73 buah sungai. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel 3 (tiga).

Rasio debit air sungai pada musim penghujan dan kemarau pada Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kabupaten Lampung Timur umumnya menunjukkan terjadinya kekurangan air pada musim kemarau dan kelebihan air pada musim penghujan. Pada umumnya menunjukkan angka yang besar yaitu lebih dari 50.

Penyebab utamanya adalah menurunnya fungsi hidrologi kawasan hutan lindung karena berkurangnya vegetasi penutup yang berfungsi sebagai pengatur siklus air dan kondisi tanah setempat yang relatif porous. Perbedaan debit air sungai pada musim penghujan dan musim kemarau yang cukup besar memberikan dampak terhadap ketersediaan air untuk irigasi dan kegiatan perikanan budidaya, khususnya pada musim kemarau.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s