Bagaimana menjadi Penyuluh “Marketer”


TRIK MENJADI MARKETING HANDAL


Ada beberapa cara untuk menjadi marketing handal:

1. Mengetahui Kebutuhan Klien

Keberhasilan akan produk yang akan kita jual ke klien yaitu dengan mengetahui kebutuhan mereka. Misalnya klien sedang mencari produk pemutih wajah jangan kita menawarinya alat-alat masak. Carilah informasi sebanyak-banyaknya baik eksternal maupun internal klien sendiri.

2. Buatlah Time Table

Buatlah time table, daftarlah deretan nama klien lengkap dengan catatan karakter tiap produk/kebutuhan, lalu segera hubungi mereka sepagi mungkin. Dalam sehari banyak sekali yang bisa Anda lakukan.

3.Keahlian Menjalin Hubungan
Tak bisa dipungkiri, kelihaian menjalin hubungan personal, cukup menentukan keberhasilan usaha Anda menggaet mereka. Anda tidak harus menjadi psikolog untuk memenangkan hati mereka. Ada beberapa sikap yang biasanya diperlihatkan klien:

* “Wah, mau banget tuh”
Tanpa bertele-tele, mereka langsung oke saat Anda menyodorkan tawaran. Sikap welcome mereka juga ditunjukkan dengan langsung menjadwalkan bertemu dan presentasi, serta terjadi interaksi yang positif antara Anda dan mereka.
Bila akhirnya terjadi transaksi, tetaplah berhubungan. Tanyakan perkembangan setelah mereka menjadi klien Anda. Mintalah komentar atau kritik dari mereka untuk meningkatkan pelayanan perusahaan Anda.

* “Pikir-pikir dulu deh”
Mereka sebenarnya butuh atau mungkin suka dengan tawaran Anda, tapi merasa masih ragu. Bila menemui calon klien seperti ini, jangan mundur. Prinsipnya, yakinkan klien bahwa Anda tahu persis kebutuhan mereka. Berikan sejumlah benefit buat mereka, seolah Anda memang men-service, bukan menjual.
Beri waktu untuk membuatnya kembali berpikir. Biarpun saat itu mereka menolak, suatu hari nanti, bila mereka butuh, Anda pastilah orang pertama yang dicari.

* Enggak minat ah”
Duh, sungguh menjengkelkan memang jika belum-belum mereka sudah bilang tidak berminat. Apa yang bisa dilakukan? Gali lagi latar belakang calon klien dan minat mereka, kemudian dekati dengan cara lain yang lebih personal.
Mengetahui hobi mereka, bisa menjadi celah. Kalau mereka hobi nonton, berikan dong tiket pertunjukan, atau sesekali main ke kantor calon klien, dengan membawa makanan, bergaul dengan orang kantor di sana, dan sebagainya. Lakukan pendekatan untuk membuka peluang, setelah itu, baru ciptakan suatu kebutuhan calon klien terhadap produk Anda.

* Iya sih…tapi…enggak deh”
Sikap dan kemauannya serba tidak jelas. Dibilang nolak, tapi enggak, dibilang oke, tapi kok nadanya nolak? Ah, Anda dibuat pusing oleh ketidakjelasannya. Cara terbaik untuk menghadapi klien seperti ini adalah cari tahu sikap yang sebenarnya. Sebelumnya, Anda perlu tahu dulu kebutuhannya.
Anda bisa mendapatkan info ini dari orang-orang yang bekerja dengannya, atau dari pihak luar yang pernah bekerjasama dengannya. Kalau setelah pendekatan, sikapnya masih ngambang, tidak perlu memaksakan diri. Lebih baik, cari calon klien lain yang lebih punya sikap.

4. Kemampuan Jual
Selain soal kemampuan menjual, ada hal-hal yang sebenarnya sepele, tapi punya manfaat besar dalam interaksi Anda dengan klien. Ini kaitannya dengan pembawaan Anda.

* Penampilan oke
Anda tidak perlu menggerutu jika punya wajah tidak secantik Tamara Bleszynski (dia sih satu banding seribu) Penampilan oke bisa diperoleh dengan berpakaian sesuai ‘tema’ (jangan berpakaian kasual jika Anda menawarkan produk yang sangat feminin). Lalu percaya dirilah (yang ditampilkan dengan bahu tegak, mata menatap pasti, dan senyum yang konstan). Sikap ini akan membuat Anda terlihat sebagai orang yang sukses. Orang tentu akan lebih senang bertransaksi dengan orang yang tampak sukses daripada gagal.

* In the mood
Simpan dalam peti untuk sementara suasana hati yang buruk akibat patah hati. Tampillah dengan penuh gairah saat bertemu calon klien. Sebab hanya dengan emosi yang stabil, dapat tercipta energi dan mood yang baik.

* Say cheese
Senyum itu murah tapi punya dampak yang luar biasa. Senyum juga menular pada orang lain. Dengan senyum Anda dapat mencairkan suasana yang kaku, meredakan ketegangan dan kemarahan. Sulit menemui klien? Perlihatkan dong senyum terbaik Anda.

* Panggil nama
Mereka lebih suka bila Anda menyebut nama, ketimbang memanggil mereka dengan sebutan ibu dan bapak saja. Anda toh tidak sedang berinteraksi dengan orang asing di kendaraan umum, kan?

* Nada dan tekanan suara
Biar pembicaraan tidak monoton, perhatikan nada dan tekanan suara. Ada kata-kata yang perlu diucapkan biasa, dan ada pula yang perlu diberi tekanan untuk menunjukkan pentingnya maksud tersebut.

* Selipkan Humor
Di sela-sela pembicaraan, selipkan humor yang bisa menyegarkan suasana. Tapi, sebaiknya pilih-pilih humornya agar tidak menyinggung klien. Bukannya sukses, mereka malah kabur.

Suatu perusahaan akan meraih kesuksesan berdasarkan pengaruh dari aktivitas marketing dalam memasarkan produk perusahaan. Hal ini dilakukan tanpa mengabaikan kontribusi divisi lain. Karena tenaga marketing sering menjadi ujung tombal pada setiap perusahaan.

Memang tidak mudah menjadi seorang marketing karena cukup diandalkan oleh perusahaan. Anda dituntut untuk lihai dalam menjual dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Jadi jika anda ingin menjadi seorang marketing yang sukses, sebaiknya anda ikuti trik berikut ini.Jalin networking dimanapun anda berada. Karena semakin luas jaringan yang anda buat maka akan semakin besar juga peluang anda untuk memasarkan jasa ataupun produk perusahaan anda. Tidak ada salahnya jika anda bergabung dengan berbagai macam organisasi bisnis, menghadiri seminar dan pertemuan bisnis.

Pelajari bisnis perusahaan secara detail agar anda tidak merasa kesulitan saat ingin menjelaskan kepada klien. Anda juga harus mempelajari kondisi pasar atau sasaran produk anda. Karena orang bukan hanya membeli produk yang dibutuhkannya tetapi juga yang diinginkannya.

Menentukan sasaran atau pasar dengan tepat juga berperan penting dalam memasarkan produk anda. Ketepatan dalam membidik sasaran bisnis cukup menentukan sukses tidaknya bisnis anda.Bawalah selalu kartu nama, kemana pun anda pergi. Jangan ragu untuk bertukar kartu nama kepada setiap orang yang anda kenal saat menghadiri suatu pertemuan bisnis. Tampilkan kesan baik kepada mereka karena hal ini merupakan tahap awal dalam memperkenalkan citra perusahaan anda.

Jika perlu anda membawa selalu brosur produk perusahaan anda. Hal ini dilakukan agar saat orang yang anda temui membutuhkan maka anda bisa langsung memberikannya dan menjelaskan produk tersebut.Sebagai marketing anda harus mempercayai keunggulan produk perusahaan anda. Hal ini dilakukan agar orang lain juga mempercayai produk perusahaan anda.Yang lebih penting adalah anda harus kuat mental, sabar, bekerja keras, disiplin dan konsisten. Karena kesuksesan tidak akan bisa anda raih bila anda tidak pernah berusaha untuk mewujudkannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s