PROPIL KELOMPOK PANDAN SERUMPUN


cropped-oke-screensever.jpgKelompok ini beralamat di Sungai Batang, DUsun Kubu Desa Nagari Sungai Batang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Kelompok Pandan Serumpun Berdiri sejak Tahun 2004  dengan Sk PEndirian Kelompok berdasarkan SK  Nomor 07.SK.PM/I/2004  Tanggal 27 Desember 2004. Latar belakang terbentuknya kelompok Pandan Serumpun akibat dari belum adanya peningkatan kehidupan pembudiaya ikan, padahal potensi untuk mengemabangkans ausha perikana sangat terbuka. Pada sebuah kesempatan banyak perantau pulang kampung dan membicarakan masalah kehidupan pembudidaya ikan disekitar Danau Maninjau. 

Pertemuan ini menajdi awal pertemuan pada bulan Desember 2004 yang mendorong beberapa tokoh masyarakat dan pembudiadya ian  untuk membentuka kelompok dibidang perikanan dengan usaha Budiaya Ikan di Keramba Jaring Apung. Atas kesepatakan bersama dan daerah terbentuknya di Pandan, maka kelompok tersebut di beri nama “Pandan Serumpun”. Visi kelompok Pandan Serumpun  adalah “ Kelompok Pnadan Serumpun Berbudaya dan Berjaya, sedangkan misi kelompok anatara lain: 1). Mempupuk rasa kebersamaan untuk  maju kedepan dengan lebih baik dan bermartabat, 2). Menjungjung tinggi kebersamaan pada aspek kehidupan yang baik, 3). Bertekada menajdi kelompok pembudidaya ikan yang profesioal, 4). Mempertahan kan kebersamaan dalam kelompok sehingga menjadi kelompok yang patut ditladani, 5). Bersama kelompok mencari peluang untuk kemjuan kelompok.

Kelompok Pandan serumpun menganggap kelembagaan yang dibangun memiliki fungsi yang akan dapat meningkatka kapasitasnya dimasa yang akan datang,  kelompok telah menyepakatai bahwa kelembagaan yang dibangun harus memiliki peran sebagai : wadah pembelajaran dan penyampaian informasi, wadah tempat pemacahan masalah, tempat penyediaan saran dan prsasarana budidaya, tempat untuk produksi, unit pengolahan dan pemasaran produk. Struktur kelompok Pandan Serumpun, Ketua Edwar, Sekretarisa Yusril, Bendahara Mazwar, Seksi dana Ediayar, Seksi Pemasaran Son, Seksi saran dan prasarana Eri, Seksi teknologi Anto.

Pada kelompok ini disepakati juga beberapa peraturan yang berlaku seperti terkait dengan Sumber keuangan, kerjasama kelompk dan kemitraan. Pada hal pengambilan keputusan dilakukan dengan musyawaran untuk mufakat. Beberapa hal mengenai keraifan local yang masih dipelihara anatar lain mengenai memelihara lingkungan periaran, gotong royong dan sumbangan social ke masjid.

Pada awal terbentunya kelompok ini, anggota kelompok berjumlah 20 orang dan bertambah 1 orang sampai sekarang  menjadi 21 orang dengan mengelola usaha 4-10 unit Keramba Jaring Apung. A Penghasilan kelompok rata-rata sekitar Rp. 10.000.000,- perbulan/orang. Kegiatan rutin kelompok dilaksankan setiap bulan dengan agenda: rapat anggota/pertemuan kelompok, pembuatan rencana kerja, gotong royong, evaluasi kegiatan dan membahsan hal-hal lainnya yang dianggap perlu.

Kegiatan suaha yang dilaskanakan oleh kelompok meliputi pengembangan beh ikan, pengelolaan KJA dan Pemasaran ikan. Usaha yang dikelola secara kelompok cukup efisien dan bisa memanfaatkan dan mekasimalkan keungungan. Sumber permodalan kelompok sejak tahun 2004 telah mulai menhimpun modal dari anggota ditambah modal pinjamna dari perbakan.

Kelompok ini mulai berkembang berkat dukugan dan pembinaan dari penyuluh perikanan yang selalu memberikan perhatian terhadap permsalahan kelompok ini. Bidang pendampingan kepada kelompok. Materi pendampingan dan pembinaan kelompok anatara lain Manajamen Budidaya, Teknologi, teknologi pengolahan pakan, manajemen dan administrasi kelompok.

Berkat kerja kerasa dan pembinaan selama ini, akhirnya Kelompok Pembudidaya Ikan Pandan Serumpun akhirnya terseleksi menjadi wakil Sumatera Barat menjadi peserta lomba Kelompencapir yang diselenggarakan di padang. Pada pelaksanaan lomba Kelompencapir pada rangkaian acara Gerakan Nasional Masyarakat Peduli Industrialisasi Perikanan. Calon peserta lomba yang diseleksi adalah kelompok pelaku utama / usaha yang bergerak dibidang usaha budidaya ikan, penangkapan ikan, pengolahan hasil perikanan dan produksi garam rakyat. Dengan beberapa tahapan seleksi dari tingkat provinsi, tingkat regional dan final. Calon peserta seleksi tingkat regional I adalah kelompok terbaik  yang diusulkan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi, pada regional I yang terdiri dari provinsi aceh, sumatera utara, riau, kepulauan riau, sumatera barat, jambi, sumatera selatan, bangka belitung, bengkulu, lampung.

Gerakan Nasional Masyarakat Peduli Industrialisasi Perikanan (GEMPITA) regional I dilaksanakan melalui kegiatan Lomba Kelompencapir. Lomba Kelompencapir dalam rangka Gerakan Nasional Masyarakat Peduli Industrialisasi Perikanan dilaksanakan pada tanggal 8-10 April 2012 bertempat di Hotel Pangeran City Jl. Doby No 3-5 kota padang-sumatera barat. Penjelasan lomba dan penilaian pendalaman dilakukan pada tanggal 8-9 April 2012 dan lomba inti dilakukan tanggal 10 April 2012 bertempat dipelabuhan perikanan samudera bungus-padang-sumatera barat  (penilaian performance dan penilaian oleh audiens). Peserta Kegiatan Lomba Kelompencapir Regional I sebanya 3 kelompok Pelaku Utama/Usaha Perikanan,yang merupakan kelompok terbaik dari perwakilan provinsi :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s