Instalasi Budidaya Sidat di Belanda Timur


ace_office_001-627x2801. Penjelasan Umum

Aquaculture Consultancy & Engineering (ACE)  didirikan pada tahun 2005 oleh lulusan Wageningen Agricultural University Ir. Lo dan Ir. Remmerswaal. Kedua oarang ini telah telah aktif dalam kegiatan Aquaculture selama lebih dari 18 tahun.

ACE telah membangun dan merancang 5 peternakan sidat selama 4 tahun terakhir, mulai dari kapasitas produksi 20 ton per tahun menjadi 200 ton per tahun. Peternakan ini mencakup 17 sistem resirkulasi yang terpisah, baik untuk meningkatkan glasseel untuk ukuran 2-5 gram atau pendederan elver dari ukuran 2-5 gram menjadi ukuran sidat muda 135-200 gram yang bisa langsung dipasarkan menjadi barang konsumsi atau di kembangkan lagi menjadi ukuran 500-1000 gram.

Desain sistem didasarkan pada pengalaman dengan Anguilla, Anguilla mossambica, Anguilla bicolor dan Anguilla marmorata dan telah terbukti dan disempurnakan dalam aplikasi ditingkat lapangan. Sistem ini secara teknis sederhana, sangat efisien dengan energi dan dapat mempermudah karyawan untuk bekerja. Desain yang dicipatakan oleh ACE sangat sesuai dengan kenyamanan sidat yang dipelihara, yang dibuktikan dengan catatan pertumbuhan yang baik, konversi pakan yang rendah dan rendahnya serangan penyakit/kematian (mortalitas).

2 Penjelasan System

2.1 Penjelasan Umum

Sebuah sistem resirkulasi untuk ikan sidat yang terdiri dari tangki kultur bulat dan sistem water treatment. Pompa sentrifugal memindahkan air setiap 15-25 menit dari tangki ikan melalui water treatment dan kembali ke bak pemeliharaan sidat. Sistem resirkulasi ini dapat diatur sehingga memungkinkan untuk dapat melakukan kontrol penuh terhadap lingkungan budaya, terutama suhu, sehingga kita bisa memastikan bahwa lingkungan budaya sangat optimal sepanjang tahun. Melalui penggunaan sistem ini memungkinkan budidaya dilakukan dengan kepadatan yang tinggi karena pertumbuhan, konversi pakan dan kelangsungan hidup yang lebih baik daripada di budaya dilahan tambak tambak atau wadah budidaya lainnya.

Perusahaan ini telah banyak membangun fasilitas produksi perikanan bukan hanya untuk sidat, akan tetapi menyediakan fasilitas untuk budidaya ikan nila, lele, kakap, dan ikan lainnya. Mereka mendsain dan membuat konstruksi juga dapat mencakup bangunan dan fasilitas tambahan seperti pasokan air sumur, pembangkit listrik atau produksi oksigen.

2.2 Tangki Budaya

Ukuran tangki budaya bervariasi dari diameter 2 meter sampai diameter 6 meter, dengan kedalaman air berkisar antara 70-100 cm . Setiap tangki dilengkapi dengan alat pemberian umpan otomatis; baik rotofeeder atau pengumpan Pendel . Rotofeeders digunakan untuk secara otomatis mengeluarkan makanan dan digunakan untuk sidat kecil . Pendel pengumpan dioperasikan oleh ikan itu sendiri dan digunakan untuk sidat yang lebih besar .

Tangki budidaya yang dilengkapi dengan waring untuk mencegah sidat dari berenang ke dalam air inlet , serta outlet air. Pada bagian waring disiapkan mesin pembersih (penyikat) yang digunakan untuk mencegah waring tersumbat dan  glass eel dan Elver meyumbat pada tangki. Bagian atas dinding tangki dilengkapi dengan pelindung, untuk memastikan sidat tidak bisa memanjat keluar dari tangki . Setiap tangki dilengkapi dengan selang diffuser untuk mengeluarkan oksigen murni , dengan pompa overflow yang bisa digunakan dalam keadaan darurat , dengan sensor level air dan dengan pipa tegak yang digunakan untuk memindahkan air dan sidat pada ruangan tersebut .

2.3 Water treatment

Pada pengolahan limbah proses budidaya dari tangki, air limbah mengalir ke drum filter. Saringan drum filter dan partikel kotoran besar lainnya keluar bersama denga air , dengan menggunakan ukuran mesh 40 mikron . Air limbah kemudian dimasukan oleh pompa, dimana air dari pompa masuk pada biofilter menetes melalui 2-3 pompa sentrifugal . Media filter menggunakan plastik dengan luas permukaan 220 m2 per m3 yang berfungsi sebagai permukaan permukaan untuk menyaring bakteri, menghilangkan amonia dan bahan organik lainnya yang terlarut dari limbah budaya. Ventilasi melalui filter menetes mengurangi karbondioksida dan pada saat yang sama menambah oksigen terlarut. Ventilasi juga memungkinkan untuk meningkatkan penguapan air , yang di musim panas membantu untuk mendinginkan air .

Setelah air telah melewati biofilter, oksigen murni ditambahkan dalam reaktor Oksigen. Reaktor ini hanya memerlukan tekanan minimum untuk beroperasi. Desinfeksi UV dimasukkan dalam proses water treatment, untuk menjaga jumlah bakteri agar tetap rendah bahkan steril. Pengalaman di perusahaan ACE pada budidaya sidat adalah desinfeksi UV tidak diperlukan.

Penggabungan sistem kontrol otomatis oksigen yang mengukur konsentrasi oksigen dalam air dan memutuskan berapa banyak oksigen murni untuk memasok ke reaktor oksigen . Komponen penting lainnya yang sangat penting adalah dalah sistem alarm guna memantai parameter yang kritis. Jika ambang batas parameter tercapai, hal ini memicu sistem alarm untuk memberikan alarm terlihat dan terdengar di lokasi budidaya dan memanggil ke ponsel untuk memperingatkan manajer .

 2.4 Sistem Kerja

Contoh produksi sidat yang dikembangkan oleh ACE yang bisa diterapkan di Indonesia  adalah produksi Anguilla anguilla dengan kapasitas produksi sebesar 100 ton. Perusahaan menerima glass eel 475 kg pada bulan Februari 2010, pada akhir Agustus biomassa telah berkembang berat total sekitar 25 ton dengan kelangsungan hidup dari glasseel dari 94 %. Berat rata-rata saat ini sekitar 18 gram, tetapi sebagian besar ikan sudah berlalu 60 gram. Rata-rata konversi pakan masih di bawah 1,1 kg makanan per kg produksi , yang sangat baik untuk spesies ini . Hadiah makanan sehari-hari dalam sistem yang sudah berkembang menjadi 450 kg per hari, yang diterjemahkan ke dalam produksi yang mudah akan melebihi 100 ton. Untuk produksi sebesar 100 ton memiliki kebutuhan daya total 47 kW dan konsumsi 750 gram oksigen per kg makanan dan 250 liter air per kg makanan. Total biaya produksi belut ini diperkirakan sekitar 6 Euro per kg pada tahun 2010 . sumber: http://www.ace4all.com

imi_014.thumbnail

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s