Rencana Bisnis Budidaya Anguilla rostrata (studi Pustaka)


Tujuan  Umum

Untuk menumbuhkan rasa aman, berkelanjutan, kualitas unggul, harga kompetitif Anguilla rostrata ( Amerika Eel ) serta memenuhi produk untuk high-end ceruk pasar seafood dari Eropa, Asia, dan beberapa negara dari Amerika Utara. Contoh produk seafood yang diimpor dari China menyimpan tingkat kontaminan yang tidak diinginkan, dan China saat ini pemasok sidat ke AS dan negara-negara lain, kesenjangan kualitas ini memberikan peluang pasar. Kelebihan produk akhir dapat dijual ke industri pengolahan hasil perikanan. Untuk memastikan produk ikan sidat kualitas tertinggi akan tumbuh dalam kondisi yang ideal. Produksi ideal yang harus dicapai dengan biaya rendah melalui teknik budidaya kolam modern. Glass eel atau elver ditangkap dari alam liar, kemudian dipelihara pada hatcery indoor dalam proses pengelondongan (pendederan) kemudian berkembang menjadi ukuran pasar dalam kolam pembesaran. Sidat muda yang dipelihara dalam hatchery lebih terlindung dari predator dibandingkan kondisi dialam, sehingga kelangsungan sidat muda diharapkan lebih tinggi dari yang berjuang (tumbuh) sendiri di alam.

Belum ada  teknik proses pemijahan sidat yang berhasil dilakukan, sehingga glass eel harus dipanen dari alam untuk persediaan benih. Karena spesies ini ditemukan di sepanjang pantai Atlantik AS , beberapa perikanan lokal mungkin bisa memberikan sidat muda dalam jumlah yang cukup banyak dengan harga murah karena biaya pengiriman karena jarak dan permintaan sidat yang minimal. Glass eel dapat dipanen secara manual oleh para penangkap sidat dengan ukuran sangat kecil ( ~ 3 – 4 cm ² ) ,  selajutnya dikumpulkan pada tangki ukuran 3-4 m2 dengan kepadatan sekitar 10 – 15kg / m²  agar mudah dimonitoring selama proses karantina. Untuk jenis A. rostrata dalam pada tahap ini untuk interval waktu minimal tiga minggu ( ini didasarkan pada siklus hidup penyakit umum yang mempengaruhi A. rostrata ).  Pakan glass eel awalnya diberi makanan hidup kecil seperti cacing tubifex, cacing darah, larva serangga lainnya , dan microcrustaceans. Seiring dengan pertumbuhan dan waktu, makanan dapat diubah dari makanan hidup terdiri dari makanan mati tapi segar yang lebih besar seperti potongan hati sapi, cincang kerang, atau ikan cincang. Setelah sidat mencapai sekitar 5g masing-masing mereka dipindahkan ke yang lebih besar ( ~ 6 – 8 m ² ) tangki dengan padat tebar sekitar 50 – 75kg / m² untuk awal tumbuh. Pada saat mereka diperkenalkan secara perlahan-lahan glass eel diberikan pakan campuran dan secara bertahap mengurangi jumlah pakan alami ini agar sidat muda dapat mengkonsumsi pakan pellet non biota hidup. Dalam perkembangan budidaya perlu disiapkan makanan yang lebih murah serta mengandung kadar protein tinggi guna  pengembangan laju pertumbuhan yang tepat.

Rasio alami untuk makanan siap saji harus dimulai sangat tinggi, dan sebagian sidat mulai mengkonsumsi makanan siap saji untuk mengurangi jumlah makanan hidup setiap beberapa hari agar tidak menyebabkan stres diet . Pencampuran makana siap saji dan pakan hidup harus melalui proses adaptasi, sidat akan diet baru dengan mencari makan melalui penggunaan indera penciuman, sehingga makanan baru harus memiliki bau mirip dengan makanan mereka sudah terbiasa dimakan. Penggunaan susu lebih disukai karena mereka secara signifikan lebih murah, praktis dan mudah dalam penyimpanan dan memiliki daya simpan yang cukup lama.

Ketika Sidat tumbuh menjadi cukup besar serta mampu menghindari sebagian predasi dan tahan waktu diangkut/ditransportasikan, mereka akan dipindahkan untuk dibudidayakan di tambak. Tambak yang cukup besar dengan padat tebar agak rendah karena kita memperhatikan kualitas produk dan dibandingkan kuantitas produk. Budidaya kolam Sidat Amerika menawarkan banyak manfaat lebih intensif dalam ruangan operasi alternatif, biaya operasional secara signifikan berkurang, listrik yang dibutuhkan sangat minimal karena sebagian besar hanya untuk tujuan aerasi, pompa pembuangan hanya pada stadia pendederan di hatchery waktu sidat masih elver. Tumbuh di kolam juga berkontribusi positif terhadap gizi sidat dan agak mengurangi biaya pakan . Mikrofauna dan mikroflora alami banyak terdapat dalam kolam yang berfungsi sebagai bahan rantai makanan dinamis yang memungkinkan sidat untuk berlatih perilaku mencari makan alami dan menerima nutrisi dan mineral yang mungkin ada dalam diet disiapkan . Menciptakan sistem tambak sebagai lawan fasilitas ruangan juga mengurangi biaya konstruksi awal .

Dalam rangka untuk mengurangi kerugian yang terkait dengan predasi , kolam dapat ditutup dengan ditarik tali jaring dan memiliki curam , garis pantai miring – bebas untuk mencegah predator dari mengarungi di di sisi. Karena kepadatan penduduk kadang-kadang masalah dan dapat mengakibatkan pertumbuhan maksimum berkurang , jaring mungkin beban yang tidak perlu . Ini hanya akan bekerja dalam keadaan ekstrim kerugian yang signifikan akibat predasi . Kolam akan dipasang tanggul – gaya dengan kedalaman relatif seragam untuk memfasilitasi manajemen mudah dan panen . Ini akan berisi menguras cukup besar untuk mengevakuasi air dari kolam dalam jangka waktu yang wajar , dengan penutup jala yang akan mencegah sidat kecil dari yang tersedot ke dalamnya selama pengeringan . Ponds akan dipisahkan oleh sekitar 45 m dari lahan kering baik dari satu sama lain dan dari karantina / fasilitas remaja pemeliharaan . Hal ini untuk mencegah aerosol ( dari aerasi dayung – roda, hewan , dan dari peralatan bergerak ) dari penyebaran patogen dan untuk memungkinkan pergerakan yang aman dari truk dan peralatan antara situs .

Sidat Amerika ditemukan di berbagai habitat alami dan relatif toleran terhadap berbagai kondisi air . Air akan dialihkan dari aliran lokal – kondisi air akan kurang lebih sebagai berikut :

Salinitas : 0 – 4ppt

Suhu : 18-24 ° C ( ambient )

Oksigen terlarut : minimum 8.6 – 12 mg / L

pH : 6,8-7,2

Jumlah amonia – nitrogen : < 0.01mg / L

Alkalinitas : 20 – 300ppm , dipertahankan dengan natrium bikarbonat yang diperlukan

Kekerasan : 100 – 250mg / L

Chlorine : < 0.01mg / L

Sumber: FAO

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s