Alasan Utama Orang Membeli Produk Kita


zxzSebagai penyuluh perikanan kita terkadang harus dengan aktif memberikan masukan kepada pelaku utama agar usahanya cepat berkembang. salah satu sisi yang harus kita kuatkan pada pelaku utama adalah dalam sisi marketing, atau yang lebih spesifik terkain dengan penjualan produk. Banyak cara yang dilakukan orang untuk membuat produknya dikenal orang serta laku dipasaran. Sebagai penyuluh perikanan kita wajib mengetahui apa sebenarnya yang menjadi pertimbangan orang ketika akan Membeli Produk?

Alasan Orang Membeli Produk Kita

Masih terkait dengan posting sebelumnya, kali ini saya jelaskan alasan atau motivasi utama orang membeli produk anda. Motif-motif inilah yang sebetulnya membuat produk anda dibeli orang. Apa sajakah motifnya?

  1. Ketakutan. Orang terdorong membeli karena takut. Ketakutan merupakan pendorong orang membeli yang sangat kuat. Contoh, karena takut jelek, perempuan rajin membeli make up dan rutin ke salon. Karena takut sakit, orang jadi rajin berolahraga dan membeli multivitamin. Ketakutan apa lagi lainnya? Orang takut gagal, takut kalau tua hidup sengsara, dan banyak lagi ketakutan lainnya.
  2. Pengakuan. Orang membeli karena ingin dihargai dan diakui. Mereka ingin diterima sebagai bagian dari sebuah kelompok. Pada tingkatan yang lebih tinggi, orang ingin terkenal. Untuk mendapat pengakuan itu, mereka rela berkorban apapun.
  3. Cinta. Cinta juga pendorong pembelian yang sangat kuat. Orangtua rela mengorbankan apa saja demi anak-anak yang dicintainya. Asuransi jadi laris manis karena motif cinta ini.
  4. Menang. Tak ada yang suka disebut pecundang. Semua orang ingin menjadi pemenang. Semua orang ingin jadi yang terbaik. Agar menjadi yang terbaik, mereka menggunakan atau membeli alat terbaik. Agar pintar, mereka belajar di sekolah unggulan. Agar menang balapan, mereka pakai kendaraan terbaik, oli terbaik, teknisi terbaik, ban terbaik, dan semua yang terbaik.
  5. Mengembangkan diri. Orang selalu ingin lebih baik. Mereka bergabung dengan fitness centre agar tubuhnya jadi kotak-kotak. Mereka ikut seminar untuk belajar hal yang membantu mengembangkan dirinya.
  6. Nyaman. Orang selalu ingin kenyamanan. Kursi yang nyaman, kasur yang empuk, sepatu yang enak dipakai, mobil yang enak dinaiki, dan lainnya. Tak ada orang yang mau susah.
  7. Kebutuhan hidup. Orang hidup butuh makan, minum, tempat tinggal, kendaraan, listrik, telepon, pulsa, dan banyak lagi. Bagi pebisnis internet, komputer dan internet juga kebutuhan. “Barang yang membuat kita tak bisa ACTION tanpanya” menjadi alasan utama untuk membeli.
  8. Hasrat berbeda. Orang ingin tak sama dengan yang lainnya. Orang ingin tampil beda. Baju yang dipakai kalau bisa hanya satu-satunya di dunia. Handphone yang dipakai merupakan produk terbaru yang belum dimiliki tetangga.  Hasrat ingin berbeda ini pendorong kuat untuk membeli.
  9. Hasrat berhubungan. Orang selalu berhasrat menjalin hubungan. Baik hubungan keluarga, teman, relasi, pacar, rekan kerja, dan hubungan-hubungan lainnya. Maka tak perlu heran kalau situs web pertemanan termasuk yang paling ramai di internet. Karena tak ada orang yang mau hidup sendiri di dunia.
  10. Kekuasaan. Orang ingin berkuasa. Orang ingin menjadi penguasa. Karena kekuasaan orang rela melakukan apapun bahkan meski kadang tak masuk nalar. Kekuasaan adalah salah satu motif terkuat tindakan manusia.

Kalau produk atau jasa anda mampu mengeksplorasi motif-motif itu, dan anda mampu mengkomunikasikannya secara tepat, niscaya produk anda akan diserbu pelanggan. Semakin banyak motif-motif tersebut masuk dalam unsur produk/jasa anda, dan anda mampu mempromosikan dengan benar, dijamin produk anda akan meledak di pasaran. Faktor lain yang menjadi pertimbangan  mereka antara lain:
  
a. Manfaat
Dalam segalakegiatannya manusia selalu berusaha memperoleh manfaat, keuntungan, dan kebahagiaan. Dari setiap pembelian manfaatlah yang diharapkan. Oleh sebab itu, penjual harus memberikan penjelasan tentang ciri-ciri khusus akan barang tersebut karena penjelasan secara umum kurang menarik dan harus diterngkan secara mendetail.

b. Kebanggaan
Kebanggaan seringmenjadi alasan seseorang dalam membeli sesuatu barang. Orang akan merasa bangga bila memiliki suatu barang yang mahal harganya atau jarang orang memilikinya. Karena ada sebagian orang berpendapat atau lebih terhormat, bila memiliki barang-barang yang mahal harganya.

c. Meniru
Kebanyakan inginmemiliki apa yang telah dimiliki oleh orang lain, atau ingin meniru kepunyaan orang lain. Misalnya, meniru pakaian tetangganya, meniru tindak tanduk pemimpinnya, dan sebagainya.

d. Perasaan khawatir dan takut
Semua orang takut akan terjadi kebakaran, kecelakaan, sakit atau mati mendadak. Rasa takut dan khawatir merupakan gejala seseorang untuk membeli bermacam-macam keperluan, misalnya alat pemadam kebakaran, pasta gigi, obat nyamuk, alat-alat kecantikan, dan lain- lain.

e. Ingin Tahu Lebih Mendalam.
Keinginan ini terdapat pada setiap orang lebih-lebih lagi bila merasa kurang puas. Misalnya, seseorang senang membaca cerita bersambung. Selesai satu jilid, ingin melanjutkan jilid berikutnya.

f. Bersaing
Adasegolongan orang yang ingin selalu bersaing dengan rivalnya, malu rasanya bila dikalahkan oleh saingannya. Baik mengenai pakaian, alat-alat kecantikan, maupun perabot rumah tangga.

g. Iri hati
Irihati, ingin meniru, dan bersaing hampir sama kuatnya. Wanita biasanya tergolong pembeli dengan motif tersebut.

Apa Penyebab Orang Tidak Kunjung Membeli Produk Anda dan Bagaimana Mengatasinya

 

Lebih mudah untuk meningkatkan penjualan, jika anda tahu apa saja ganjalan yang membuat orang belum mau memilih produk anda. Ada beberapa faktornya. Dari pengalaman saya selama ini, inilah alasan atau penyebab yang membuat orang belum membeli suatu produk.

1. Mereka tidak bisa melihat dengan jelas manfaat dan nilai yang terkandung dari produk anda.
Untuk itu, anda harus sampaikan dengan jelas apa manfaat yang didapatkan konsumen dari produk anda.

Bukan sekedar mampu menurunkan berat badan sebanyak sekian kilo dalam rentang waktu sekian misal jika produk anda berupa produk penurunan berat badan. Namun manfaat sesungguhnya adalah: mereka akan merasa lebih menarik dan bertambah rasa percaya dirinya; mereka tidak lagi kesulitan melakukan banyak aktivitas seperti naik gunung atau naik tangga, dan banyak orang bakal tercengang melihat perubahan cepat yang terjadi pada tubuh anda. Itulah manfaat sesungguhnya.
2. Mereka tidak yakin terhadap produk yang anda tawarkan.
Misalkan ketika anda ditanya apa profesi anda, anda mungkin menjawab singkat, “saya pebisnis internet.” Mestinya anda bisa jabarkan lebih jelas apa profesi anda itu. Sebab sering kali yang mereka duga keliru. Kalau anda seorang pebisnis internet, bisa jadi mereka justru menyangka anda adalah pemilik warnet.

Bila ditanya pertanyaan diatas, intinya lebih baik deskripsikan apa yang anda perbuat untuk membantu orang lain. Anda bisa jawab kalau:

3. Mereka tidak percaya anda.
Seperti pernah saya katakan Kepercayaan adalah Modal Utama Sukses di Bisnis. Orang-orang hanya membeli dari orang yang mereka percaya. Untuk itu, sejak awal, anda perlu melakukan branding dan membangun kredibilitas guna memperkuat tingkat keterpercayaan anda.

4. Mereka tidak membutuhkan produk anda. Anda harus paham, mungkin tidak semua orang butuh produk anda. Misal, jika anda jual produk penuruanan berat badan, mereka yang tubuhnya sudah langsing sudah pasti tidak membutuhkannya.
Oleh karenanya penting membidik prospek tertarget. Sebab merekalah ini pasar utama anda. Mungkin saja di antara para target market anda tersebut, ada yang sebetulnya merupakan hot prospek. Hanya saja mereka belum sadar jika sebenarnya membutuhkan produk anda.
Di sini peran list building amat strategis. Supaya anda bisa terus jalin kontak dengan mereka, dan pada kontak yang kesekian kalinya mereka sadar bahwa mereka memang membutuhkan produk anda.
Itu empat penyebab kenapa orang belum membeli produk anda. Kalau menurut pengalaman anda sendiri selama bisnis internet, kenapa orang belum juga membeli produk anda?
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s