BUDIDAYA IKAN SEKALA KECIL DI BANGLADESH (Bagian Pertama)


BUDIDAYA IKAN SEKALA KECIL DI BANGLADESH (Bagian Pertama)

Diterjemahkan dari Small scale fish farming in Bangladesh

PA_fish_harvestingBagi banyak orang di Bangladesh budidaya ikan skala kecil merupakan kesempatan penting untuk menghasilkan pendapatan dan menyediakan sumber nutrisi penting makanan kaya protein sepanjang tahun. Berbagai pilihan budidaya ikan yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas masyarakat yang tinggal di pedesaan Bangladesh.

Dua pendekatan umum diterapkan dalam skala kecil

Budidaya Ikan pada perairan terbukan air terbuka (Perairan Umum) pertanian di Danau, sungai, bendungan dan waduk manfaat kepada petani berpenghasilan rendah adalah bahwa mereka dapat berinvestasi dalam ikan budidaya ketika ada pendapatan yang memadai, yang kemudian akan mampu menghasilkan makanan dan pendapatan tambahan ketika sumber-sumber lain dari pendapatan terbatas. Banyak dari Bangladesh banjir setiap tahun selama musim hujan seperti air mengalir ke negara melalui Ganga (Gangga), Brahmaputra dan Meghna sungai. Ini menyediakan berbagai habitat untuk spesies ikan liar dan yang ditanam. Hasil tangkapan ikan tertinggi setelah musim hujan hujan ketika pasokan makanan lain, seperti beras, cukup rendah. Dengan begitu banyak air, usaha memancing memainkan peran penting dalam ekonomi pedesaan.

Peternakan ikan dengan pilihan modal intensif salah satu tren utama dalam ikan budaya di beberapa tahun terakhir telah menuju capital-intensive, hasil, high-input sistem yang dapat secara dramatis meningkatkan tingkat produksi jika dioperasikan dalam kondisi ideal. Pengembangan teknik praktis telah meningkat pesat dan memungkinkan budidaya ikan melalui berkembang biak dan seleksi dari spesies yang diinginkan untuk mengambil tempat. Meski teknik ini, diperkenalkan ke negara-negara seperti bangladesh, beberapa tahun yang lalu telah mengambil waktu bagi mereka untuk didirikan usaha ini. Diproduksi ikan secara komersial telah menjadi proporsi yang signifikan dari total pasokan ikan. Tapi metode intensif budidaya meningkatkan biaya produksi ikan di luar jangkauan petani miskin. Akibatnya, pendekatan alternatif yang mudah telah dipromosikan oleh LSM di bekerja negara.

Budidaya ikan untuk orang miskin di perairan umum, termasuk sungai, kanal-kanal irigasi, dataran banjir, bendungan, danau dan kolam tersebar di Bangladesh menawarkan potensi besar untuk budidaya ikan, tetapi kurangnya modal, akses ke sumber daya dan pengetahuan, banyak petani tidak mampu menyediakan semua kebutuhan diperlukan untuk metode produksi intensif. Alternatif pendekatan biaya rendah lebih tepat bagi banyak orang, bergantung perairan umum dan tumbuh-tumbuhan (pakan) alami dan sampah rumah tangga, dilengkapi dengan protein hewani dalam bentuk siput dan buatan untuk pakan ikan. Banyak LSM yang mengadopsi strategi untuk meminimalkan biaya produksi yang melekat budaya ikan oleh LSM mencoba melakukan penelitian ke dalam sistem low input, teknologi sederhana, spesies yang cepat tumbuh dan praktik alternatif manajemen.

Pemilihan lokasi budidaya kolam merupakan faktor penting dalam keberhasilan sebuah kegiatan perikanan ikan. Lokasi akan tergantung pada sejumlah faktor:

  • Spesies ikan yang dibesarkan.
  • Kualitas tanah, yang mempengaruhi kualitas air dan produktivitas.
  • Pasokan air yang cukup.
  • Kepemilikan tanah. Kondisi pasar dan pasar.
  • Makanan ikan dan input lainnya tersedia untuk petani.
  • Kelompok berdekatan dengan air. Lebih dari 1 meter air kapasitas retensi untuk setidaknya 6 bulan dalam setahun.
  • Bebas polusi.

Idealnya, kolam yang harus 0,5 untuk 1.0 meter di ujung dan miring untuk 1,5 untuk 2 .0 meter di dpembuangan akhir. Drain vales, baffle papan atau tilt-over standpipes harus dimasukkan ke dalam desain. Seharusnya kita dapat untuk drain kolam dalam tiga hari. Tepi kolam harus memiliki sebuah lereng 2: 1 atau 3: 1 di semua sisi. Jika mungkin kolam harus terletak untuk mengambil keuntungan dari efek angin di permukaan kolam untuk campuran air; meski lokasi yang terlalu berangin dapat menyebabkan erosi dari dykes. Jika situs ini sangat berangin panjang sisi pond harus di sudut kanan untuk berlaku angin. Hedges dan pohon dapat digunakan untuk melindungi kolam. Dalam praktek, ada kolam dan poois yang melimpah di bangladesh sering terletak dekat kepada petani  rumah. Ikan kecil yang kultivasi terutama sekunder pekerjaan bagi para petani. Ini kolam cenderung lebih kecil (kurang dari 0,25 ekar) dan tidak punya air drain fasilitas.

Mereka umumnya disebut sebagai fishponds tetapi sebenarnya, dimana lahan sudah banyak yang beralih fungsi menjadi bangunan. Breading (pembenihan) ikan adalah salah satu kegiatan yang banyak menggunakan kolam. Kegunaan lain mungkin termasuk penggunaan air domestik, cuci, irigasi atau menjaga bebek. Kolam yang sesekali terintegrasi ke sawah sebagai tambahan parit. Akibatnya, Kolam memiliki banyak keterbatasan untuk memproduksi ikan. Dalam mengelola kolam ada banyak potensi masalah untuk dipertimbangkan, termasuk:

  • Tepi kolam yang rusak; Periksa dinding kolam secara teratur.
  • Pasokan air yang tidak teratur, terlalu banyak air di musim hujan dan terlalu sedikit di musim panas.
  • Predator; Periksa kolam untuk tanda-tanda lubang ular dan tikus.
  • Ikan Boal adalah ancaman tertentu yang makan ikan yang lebih kecil.
  • Merumput hewan dapat merusak tepi kolam dan harus tetap keluar dari jalan.
  • Pendangkalan sungai atau membangun materi organik; Periksa bagian bawah dari Lumpur kolam dan sendok keluar ketika diperlukan.
  • Lumpur di bagian bawah kolam dapat diganggu dengan tali untuk melepaskan gas berbahaya. Kebocoran; Periksa bagian inlet dan outlet secara teratur.
  • Penyakit ikan; Periksa ikan secara teratur. Kualitas air yang buruk; kapur dapat ditambahkan untuk meningkatkan kualitas air.

Budidaya ikan perikanan umum

Budidaya ikan air terbuka sangat cocok untuk Bangladesh dengan sumber air yang banyak. Wadah budidaya yang digunakan untuk memisahkan wilayah badan air besar untuk budidaya ikan. Sumber air yang dipilih harus berkualitas baik dengan rendah kekeruhan. Bendungan dan waduk terutama ada menyimpan air tetapi sebagai fungsi kedua badan air ini dapat diisi dengan budidaya ikan dan dapat dipanen kemudian menggunakan jaring. Di lokasi sungai diperlukan arus lambat dan harus ada sedikit gangguan dari air lalu lintas. Kerugiannya adalah:

  • Petani ikan memiliki sedikit kontrol air, karena mereka tidak memiliki dam atau reservoir.
  • Air tidak dapat dikeringkan, sebagai fungsi utama sumber daya untuk menyediakan air.
  • Ada kemungkinan akan lebih pemangsa ikan di air. Hal ini tidak mungkin untuk feed atau menyuburkan air, seperti yang terjadi di peternakan, ikan yang lebih intensif sehingga ada ketergantungan pada alami ikan makanan.
  • Ada potensi risiko dari penyakit tetapi saham diadakan di kandang kecil yang tersebar di sekitar desa mungkin akan kurang rentan daripada saham diadakan di sistem komersial lebih terkonsentrasi dan terpusat.
  • Risiko dari pencurian dan vandalisme adalah masalah serius di beberapa tempat. Hal ini terutama nyata untuk masyarakat miskin yang dianggap sebagai korban yang mudah. Ekspansi yang signifikan dari kandang budaya kegiatan di beberapa desa bisa menyebabkan penipisan lokal siput atau makanan lain, merugikan bebek dan hewan domestik dan liar.
  • Beberapa kepemilikan kolam dapat menjadi kelemahan utama yang efektif

Keramba Ikan

kandang yang digunakan sebagai wadah budidaya dalam tubuh mereka sendiri benar dalam mengalir atau besar air dan dapat juga digunakan dalam budidaya ikan kolam kecil untuk melindungi petani ikan di kecamatan dalam tahap awal pengembangan. Keramba kecil dengan kapasitas satu meter kubik cocok untuk perlindungan fingerling (benih). Keramba dapat menampung hingga 300 ikan pada suatu waktu. Ikan tumbuh di kolam menggunakan jaring ikan sederhana yang dikenal secara lokal sebagai ‘hapa’. Beberapa ikan muda dimasukkan ke dalam setiap ‘hapa’, yang bertindak sebagai rumah mereka, mengambang tepat di bawah permukaan kolam.

Sumber: http://www.appropedia.org/images/7/7f/PA_fish_harvesting.JPG

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s