Gempita Regional I Sumatera


Penyuluhan Perikanan merupakan salah satu kegiatan yang strategis dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan kelautan dan perikanan. Untuk lebih mendorong keikutsertaan masyarakat pada kegiatan penyuluhan perikanan dalam memanfaatkan sumber daya hayati kelautan dan perikanan menjadi hal yang penting dan mendesak.  Salah satu langkah yang dapat dipilih adalah mengedepankan keberhasilan pelaku utama dan/atau pelaku usaha dalam mengembangkan usaha kelautan dan perikanan agar dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya.

Gerakan Nasional Masyarakat Peduli Industrialisasi Kelautan dan Perikanan (GEMPITA) merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan dapat mendukung program Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan memberikan informasi kepada masyarakat dalam mengejar percepatan pembangunan Industrialisasi Kelautan dan Perikanan melalui narasumber yang berkompeten dibidangnya. Sehingga dapat mendorong pengembangan masyarakat secara bersama menjadi pelaku dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat sektor kelautan dan perikanan.  Masyarakat Industrialisasi Kelautan dan Perikanan yang dimaksud dalam hal ini adalah pelaku utama dan/atau pelaku usaha yang berada pada kawasan potensi perikanan dengan percepatan pertumbuhan di bidang ekonomi khususnya bidang kelautan dan perikanan.

Gerakan Nasional Masyarakat Peduli Industrialisasi Kelautan dan Perikanan (GEMPITA) dilaksanakan dengan tujuan untuk :

  1. Memberikan apresiasi kepada kelompok pelaku utama dan/atau pelaku usaha atas peran sertanya dalam upaya mengembangkan kelompok dan usaha perikanan yang telah menjadi contoh bagi kelompok usaha perikanan lainnya, dalam hal kesamaan pengertian, kesamaan gerak, dan kesamaan bahasa pada kondisi dan tempat yang berbeda;
  2. Mengakselerasi dinamika kelembagaan pelaku utama dan/atau pelaku usaha dalam berorganisasi dan memberikan motivasi kelompok pelaku utama dan/atau pelaku usaha serta pemangku kepentingan bidang kelautan dan perikanan agar terus berkarya dalam kerangka mendorong perwujudan Industrialisasi Kelautan dan Perikanan; serta
  3. Mempercepat penyampaian informasi program Kementerian Kelautan dan Perikanan, perolehan umpan balik, dan penyamaan persepsi untuk penguatan sektor kelautan dan perikanan untuk mewujudkan perubahan pola pikir dan perilaku masyarakat modern.

 Kegiatan GEMPITA di Regional I Wilayah Sumatera ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 25 Mei 2014 di Kota Padang, Provinsi Provinsi Sumatera Barat yang  merupakan rangkaian kegiatan  Pekan Informasi Nasional (PIN) yang bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.  Kegiatan GEMPITA Regional I Wilayah Sumatera dilaksanakan dalam rangkaian PIN dengan tujuan:

  1. Memiliki kesamaan pandang dalam meningkatkan pengetahuan dan perkembangan global tentang informasi;
  2. Untuk menjangkau program Kementerian Kelautan dan Perikanan, yaitu minapolitan, industrialisasi dan blue economy dengan memanfaatkan teknologi informasi memudahkan untuk menyebarluaskan program-program unggulan dan prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan di seluruh pelosok tanah air;
  3. Diharapkan kepada semua Penyuluh Perikanan mempunyai kemampuan untuk mengakses teknologi informasi untuk memudahkan dan mempercepat akses informasi yang berkelanjutan.  Sehingga target Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan untuk menjadikan 55.000 kelompok yang mandiri, dimana untuk 1 kelompok minimal beranggotakan 10 orang, sehingga jumlah total pelaku utamanya 550.000 orang dengan jumlah Penyuluh Perikanan 12.500 orang dapat tercapai;
  4. Penyuluhan Perikanan ke depan dilaksanakan antara lain melalui metode teknologi informasi agar dapat menjangkau seluruh pelosok tanah air.  Untuk itu seluruh Penyuluh Perikanan harus mampu mengakses dan memanfaatkan website yang telah  disediakan oleh Pusat Penyuluhan KP.

Kegiatan GEMPITA dilaksanakan melalui 2 bentuk kegiatan, yaitu (a) Lomba Kelompencapir, dan (b) Temu Wicara.

Lomba Kelompencapir GEMPITA tingkat Regional I Wilayah Sumatera dilakukan untuk mendapatkan 1 (satu)  kelompok terbaik tingkat Regional I Wilayah Sumatera yang akan menjadi peserta lomba kelompencapir final Tingkat Nasional. Peserta yang mengikuti lomba kelompencapir GEMPITA Tingkat Regional I Wilayah Sumatera ini merupakan kelompok Pelaku Utama terbaik di provinsi yang kemudian diseleksi di tingkat Pusat, yaitu :

  1. Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) “Serba Usaha” dari Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat dengan bidang usaha budidaya ikan Gurame;
  2. Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) “Mina Moro” dari Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan dengan bidang usaha budidaya ikan Patin;
  3. Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) “Harapan Maju” dari Kabupaten Batang Hari, Provinsi Jambi dengan bidang usaha budidaya ikan Patin Siam.

Setiap kelompok diwakili oleh pengurus dan atau anggota kelompok berjumlah 4 orang dan didampingi oleh 1 (satu) Penyuluh Perikanan yang kesehariannya membina kelompok tersebut.

 Tim juri lomba tingkat regional berjumlah 3 orang yang terdiri dari:

  1. Unsur Kementerian Kelautan dan Perikanan;
  2. Unsur akademisi bidang penyuluhan perikanan;
  3. Unsur tokoh entrepreneur bidang kelautan dan perikanan.

Temu Wicara pada pelaksanaan GEMPITA di Regional I Wilayah Sumatera ini dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan dan Pengusaha Perikanan dari Sumatera barat. Selain itu dalam rangkaian kegiatan GEMPITA ini juga dilakukan diseminasi  teknologi pengolahan hasil perikanan yang dilakukan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBP4BKP),  Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan.

Dengan adanya teknologi informasi, termasuk pengembangan sistem jaringan informasi yang dilakukan oleh Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan melalui Cyber Extension dan Sistem Manajemen Penyuluhan Kelautan dan Perikanan (SIMLUH KP) diharapkan pelaku utama dan pelaku usaha dapat mengikuti perkembangan teknologi inovasi terkini dengan mengakses web tersebut, dapat mengetahui pangsa pasar yang dibutuhkan, perkembangan harga komoditas kelautan dan perikanan dan meningkatkan jejaring usaha.  Sehingga diharapkan dengan adanya informasi teknologi dan pasar, pelaku utama dan pelaku usaha kelautan dan perikanan dapat meningkatkan kegiatan usahanya.  Pada akhirnya diharapkan dapat mensejahterakan kehidupannya dan keluarganya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s