Gempita Kalimantan, Berlangsung Sukses


GEMPITA merupakan salah satu model metode penyuluhan dalam menumbuhkembangkan kelembagaan pelaku utama dan pelaku usaha perikanan menjadi pelaku usaha yang mandiri dan berdaya saing.  GEMPITA juga dilaksanakan dalam rangka memberikan apresiasi kepada kelompok pelaku utama dan pelaku usaha atas peran sertanya dalam upaya mengembangkan kelompok dan usaha perikanan yang telah menjadi contoh bagi kelompok usaha perikanan lainnya serta mempercepat penyampaian informasi program Kementerian Kelautan dan Perikanan, perolehan umpan balik, dan penyamaan persepsi untuk penguatan sektor kelautan dan perikanan untuk mewujudkan perubahan pola pikir dan perilaku masyarakat modern.  Kegiatan GEMPITA dilaksanakan secara Regional, Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur  termasuk dalam kegiatan GEMPITA wilayah Regional V.

Kegiatan GEMPITA Regional V yang bertema “Peran Penyuluhan Kelautan dan Perikanan dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha Perikanan Budidaya” dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 27 September 2014 di Kawasan Temanggung Tilung Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah, dengan rangkaian kegiatan Temu Wicara, Lomba Kelompok, Peningkatan Kapasitas Penyuluh Perikanan, Pameran pengolahan hasil perikanan, dan Penyerahan Sertifikat Pengukuhan Penyuluh Perikanan Swadaya Kab. Katingan.

Kegiatan temu wicara diisi oleh narasumber: 1) Ir. Coco Kokarkin Soetrisno, M.Sc, Direktur Produksi, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya; 2) Dr. Ir. Rina, M.Si, Kepala Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan; 3) Ir. Sutrisno, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Koordinasi Penyuluhan Provinsi Kalimantan Tengah; 4) Ir. Dermawan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi KalimantanTengah; 5) Drs. Berlin Sawal, M.Si, staf ahli gubernur bidang pemeruintahan.  Sedangkan untuk lomba Kelompok GEMPITA diikuti oleh kelompok terbaik dari Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah, yaitu POKDAKAN Melati Kab. Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, POKDAKAN Kawan Sejati Kab. Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, dan POKLAHSAR Sari Rasa Kab. Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah. Setiap kelompok diwakili oleh pengurus dan atau anggota kelompok berjumlah 4 orang dan didampingi oleh 1 (satu) Penyuluh Perikanan yang kesehariannya membina kelompok tersebut.  Keluar sebagai Juara I Pokdakan Melati dengan omset 3,2 M, Juara II Pokdakan Kawan Sejati dengan omset 2,3 M , dan Juara III Poklahsar Sari Rasa dengan omset 2,3 M.

Audiens yang hadir dalam rangkaian kegiatan Lomba GEMPITA sebanyak 200 orang terdiri dari unsur Penyuluh Perikanan (PNS, Swadaya, dan PPTK) dari Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Pulang Pisau; Pelaku utama dan pelaku usaha kelautan dan perikanan dari Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Pulang Pisau; Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) dari Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Pulang Pisau; Lembaga Swadaya Masyarakat (Non Government Organization) yang menangani bidang kelautan dan perikanan (World Wide Fun for Nature (WWF) perwakilan Indonesia, The Nature Conservancy (TNC) perwakilan Indonesia, Conservation Internasional (CI) perwakilan Indonesia); Asosiasi pelaku usaha kelautan dan perikanan (Divisi Akuakultur, Asosiasi Pakan Indonesia, Dewan Ikan Hias Indonesia, Farm 165); Badan Koordinasi Penyuluhan dan Dinas Kelautan Perikanan Provinsi asal peserta Lomba Kelompok; Badan Pelaksana Penyuluhan dan Kepala Dinas Kelautan Perikanan lingkup Kalimantan Tengah; Mahasiswa Universitas Palangkaraya dan Siswa SMK Perikanan.

          Dampak yang diharapkan melalui kegiatan GEMPITA ini adalah menumbuhkembangkan kelompok dan usaha perikanan yang dijalankannya, mempercepat penyampaian informasi kepada pelaku utama dan pelaku usaha lainnya mengenai informasi program pembangunan sektor kelautan dan perikanan dalam mendorong pergerakan ekonomi yang pada akhirnya untuk kesejahteraan.  Harapan ke depan dengan adanya GEMPITA ini diharapkan dapat meningkatkan pergerakan ekonomi kelompok peserta GEMPITA 100 milyar/tahun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s