5 Teknik Mempertahankan Pelanggan Yang Harus Kamu Coba


Di era serba digital ini, alternatif pemasaran melalui media online semakain gencar, bahkan pada produk tertentu pemasaran online jadi strategi utama. Bagi pelaku utama/pelaku usaha perikanan memasarkan produk melalui onlien bukan merupakan hal yang baru, penjulan benih ikan dan sarana produksi lainnya sudah umum kalau menggunakan fasilitas yang murah ini. Pelaku utama perikanan memahami juga apabila toko online (e-comerce) bekerja 24 jam 7 hari seminggu tanpa harus digaji. Melihat keterbukaan itu dan bagaimana psar online berkembang makan berikutnya kita  harus mampu mempertahankan pelanggan online kita.  Dengan befokus pada mengkonversi pelanggan saat ini menjadi pelanggan setiamu kembali pasti dapat memberikan angka penjualan yang besar.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas 5 Teknik Mempertahankan Pelanggan untuk toko onlinemu.

1. Berikan Pengalaman Terbaik Untuk Pelanggan

Hal pertama yang harus kamu fokuskan adalah dari segi konversi, dan untuk mendapatkan pelanggan tetap, kamu harus memberikan pengalaman yang sebaik-baiknya untuk pengunjung situsmu. Itu berarti segala sesuatu mulai dari desain website hingga layanan konsumen. Hal ini jelas masuk akal karena untuk mempertahankan pelanggan setia dimulai dengan membuat pelangga itu senang. Berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan:

Desain web sederhana dan navigasi yang mudah. Kamu ingin pelanggan untuk bisa masuk ke situsmu? Melihat apa yang kamu jual? Dan dengan mudah menemukan produk yang mereka cari? Salah satunya adalah kamu harus membuat menu pencarian pada situsmu.

Menyediakan produk unggulan dan menjualnya dengan harga yang bersaing adalah dua faktor paling penting di balik keputusan pembelian oleh konsumen menurut sebuah studi yang dilakukann oleh BigCommerce.

Gunakan gambar produk yang menarik, deskripsi, dan ulasan produk. 92% konsumen mengatakan bahwa tampilan visual adalah faktor yang mempengaruhi orang ketika berbelanja online, dan 85% mengatakan bahwa mereka membutuhkan ulasan produk sebelum benar-benar membeli. Kamu juga bisa menggunakan Rotary View agar dapat memberikan pelanggan pandangan 360 derajat tentang produkmu.

Berikan pelayanan yang maksimal. Semua orang pasti akan suka jika mendapatkan pelayanan yang baik. Bahkan, 86% dari pelanggan akan membayar lebih untuk memberikan pelayanan pelanggan yang lebih baik. Cara yang bagus untuk memberikan layanan kepada pelangganmu adalah dengan live chat. Semakin baik pengalaman yang kamu berikan, semakin besar kemungkinan pelanggan untuk melakukan pembelian di situsmu, dan semakin besar kemungkinan mereka untuk menjadi pelanggan tetapmu.

2. Tampilkan Produk Terkait

Jika kamu pernah berbelanja di Amazon atau eBay, maka kamu tidak asing lagi dengan konsep produk-produk terkait. Ya, itu masuk akal karena sesorang yang membeli satu item mungkin saja tertarik dengan item yang lain juga.

Ada banyak sekali plugin yang dapat kamu gunakan di situsmu. Kamu juga dapat bermain-main dengan beberapa kalimat. Coba “Produk terkait lainnya”, “Produk yang mungkin Anda suka” atau kalimat lainnya.

Kamu tidak harus membatasi penggunaan fitur ini pada halaman produkmu. Kamu bisa menambahkan di halaman konfirmasi pembeliaan seperti “Terima kasih atas pembeliaan Anda! Apakah Anda ingin melakukan pembelian untuk merek lainnya?”

3. Berikan Hadiah/Imbalan/Poin Untuk Pelanggan

Kamu ingin pelangganmu kembali lagi? Gampang, cobalah untuk memberikan insentif kepada pelangganmu saat ini. Ada beberapa jenis insentif yang dapat kamu gunakan, yaitu kupon diskon atau bisa berupa point. Misal, kamu bisa memberikan kupon diskon ke pelanggan yang berlangganan email situsmu. Jika menggunakan sistem poin, ada banyak plugin yang dapat membantu kamu menempatkan sistem poin dalam setiap pembelian atau yang lainnya pada platform ecommerce.

4. Manfaatkan Daftar Email Pelanggan

Daftar email bisa jadi adalah aset yang sangat luar biasa ketika menyangkut masalah pelanggan.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membangun daftar email pelanggan sebanyak-banyaknya. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daftar email pelanggan, kamu bisa memberikan kupon bagi pelanggan yang mendaftarkan emailnya di situsmu atau yang lainnya.

Baca juga : 7 Fitur Penting yang Harus Dimiliki E-mail Marketing

Setelah daftar email terkumpul kamu harus memberikan pelangganmu dengan konten yang berkualitas dan bernilai, disamping kamu bisa menambahkan promo-promo menarik lainnya seperti kupon, atau harga spesial hari ini.

5. Lebih Dekat Ke Pelanggan

Untuk bisa lebih dekat ke pelangganmu, kamu harus berusaha baik untuk menjaga kontenmu, dan juga ikut berinteraksi dengan pelangganmu. Itu berarti bahwa kamu harus menanggapi komentar mereka di media sosial, membuat mereka untuk berbagi kepribadian mereka denganmu. Membentuk hubungan dengan pelangganmu di media sosial dapat menciptakan kepercayaan, rasa hormat, dan bahkan sampai persahabatan. Pelanggan yang merasakan hubungan seperti ini pasti akan cenderung menjadi pelanggan setiamu.

Semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat untuk mempertahankan pelanggan toko onlinemu. Sukses!

Sumber: http://blog.jejualan.com/5-teknik-mempertahankan-pelanggan-yang-harus-kamu-coba/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s