Kordinasi dan Sinergi Tugas Penyuluhan Perikanan Regional Sumatera di Kab. Bungo


Kegiatan Pembinaan dan Sinergi Tugas Penyuluhan Perikanan Wilayah Regional I (Sumatera) Kabupaten Bungo – Provinsi Jambi diawali dengan koordinasi dengan Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Bungo Bapak Ir. Supriadi dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bungo Bapak Ir. H.Syahrul Azhar, ME. Komitmen yang cukup dari Intansi yang menangani penyuluhan dan instansi teknis yang menangani penyuluhan dalam mengembangkan kegiatan penyuluhan dan pengembangan perikanan sudah terbangun cukup baik. Komitmen ini mendukung penyelenggaraan penyuluhan perikanan yang lebih kondusif dan penataan kegiatan yang terpola dengan baik.

  • Kepala BP4K Kabupaten Bungo merespon dengan baik rencana Pembinaan dan Sinergi Tugas Penyuluhan Perikanan Wilayah Regional I (Sumatera) di Kabupaten Bungo – Provinsi Jambi yang diselenggarakan pada hari Kamis, 22 Oktober 2015 di BP3K Kecamatan…yang dikuti Penyuluh Perikanan PNS, CPNS, Penyuluh Perikanan Bantu (PPB) dan Penyuluh Swadaya dari Kebupaten Bungo, Merangin, Sorolangun, dan Tebo.
  • Kepala BP4K juga sangat tertarik dengan pengembangan teknologi perikanan yang dipandang turut mengembangkan produksi seperti pada ikan lele melalui penerapan teknologi Red Watter System (RWS) atau Biofloks. Teknologi budidaya perikanan yang yang dapat meningkatkan produksi dan produktivitas akan disinergikan dengan kegiatan bansos kepada pelaku utama yang diberikan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. Bungo.
  • Kepala BP4K berharap bisa bekerjasama dengan swasta dalam mengembangkan sumberdaya yang tersedia dengan dukungan program dan kegiatan yang sudah ada. Untuk mendekatkan akses terhadap teknologi yang dimiliki swasta, kita dorong daerah untuk memanfaatkan fasilitasi pihak perusahaan yang memproduksi pupuk organik dan probiotik untuk bekerjasama memberikan pelatihan kepada pelaku utama dan penyuluh yang ada di Kabupaten Bungo. Fasilitasi oleh salah satu perusahaan swasta di Jawa Timur melalui pelatihan gratis dan pembagian sampel produk diharakan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan penyuluh untuk meningkatkan dan mendekatkan terhadap akses teknologi pertanian, perikanan, perkebunan dan kehutanan.
  • Kegiatan Pembinaan dan Sinergo Tugas Penyuluhan Perikanan Regional I (Sumatera) di Kabupaten Bungo dilaksanakan pada Hari Kamis, 22 Oktober 2015 di salah satu BP3K Kecamatan Kabupaten Bungo Provinsi Jambi.
  • Hadir sebagai Narasumber Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kab. Bungo; Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Bungo dan Liassion Officer Penyuluh Perikanan Regional I (Sumatera).
  • Peserta kegiatan berasal dari Unsur PNS, CPNS, PPB dan Penyuluh Perikanan Swadaya sebanayk 30 orang yang berasal dari Kabupaten Bungo, Merangin, Sorolangun dan Kabupaten Tebo.
  • Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala BP4K Kab. Bungo yang dilanjutkan dengan sambutan. Pada sambutan tersebut kepala BP4K memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pusat Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat KP karena telah menetapkan Kabupaten Bungo sebagai lokasi kegiatan Pembinaan dan Sinergi Tugas Penyuluhan Perikanan Wilayah Regional I (Sumatera) Tahun 2015 di Provinsi Jambi.
  • Kepala BP4K menyampaikan terima kasih atas kesediaan penyuluh perikanan dari Kabupaten lainnya yang hadir dan permohonan diberikanan kesempatan untuk menjadi lokasi kegiatan serupa pada waktu yang akan datang, mengingat Kabupaten Bungo merupakan kabupaten yang mudah dijangkau dari tiga kabupaten tetangga dengan posisi paling strategis.
  • Potensi perikanan yang ada di Kabupaten Bungo cukup besar untuk dikembangkan, walaupun pada saat kegiatan ini dilaksanakan banyak lokasi budidaya ikan yang mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang diperburuk oleh banyaknya kebakaran hutan dan bencana asap yang mengakibatkan penurunan produksi di pelaku utama secara signifikan.
  • Pengembangan kegiatan penyuluhan melalui program-program BP4K secara terpisah telah menciptakan sinergitas pelaksanaan tugas penyuluhan yang menitikberatkan pada pembagaian bidang pertanian, perikanan dan kehutanan secara spesifik dan tidak polipalen. Komitmen ini dukung oleh penempatan wilayah kerja penyuluh yang berbeda antara penyuluh pertanian dengan konsep “satu penyuluh satu desa” dengan penempatan penyuluh perikanan yang “berbasis kecamatan”.
  • Kendala penyelenggaraan penyuluhan bidang perikanan antara lain: (1) Tim Penilai angka kredit penyuluh Daftar Usulan Angka Kredit (DUPAK) masih dalam tim yang sama dengan tim penilai penyuluh pertanian dan kehutanan sehingga dalam penilaian banyak mengalamai kendala; (2). Penetapan kelembagaan pelaku utama masih banyak mengadopsi model dan nomenklatur kelembagaan pertanian; (3). Terbatasnya kegiatan peningkatan kapasitas penyuluh perikanan dalam bentuk pelatihan, bimtek, magang dan sejenisnya; (4). Minimnya kegiatan pendukung penyuluhan ditingkat lapang, seprti percontohan, dempond, demfarm; (5). Alokasi untuk pembiayaan, sapras pendukung masih kurang dan pengadaan melalui DAK Dinas Perikanan dan Peternakan tidak terkontrol serta kurang memberikan manfaat bagi penguatan sapras.
  • Pengembaan kegiatan penyuluhan perikanan yang belum berkontribusi besar terhadap perekonomian kebaupaten Bungo secara politis belum mendapatkan alokasi anggranan APBD yang memadai. Dukungan melalui kelembagaan yang ada masih lebih dominan mengembangkan sistem penyuluhan berbasis pertanian secara umum.
  • Terbatasnya jumlah penyuluh perikanan dibandingkan dengan luasnya potensi perikanan yang ada menjadikan kinerja penyuluh perikanan kurang dapat dirasakan oleh pelaku utama. Sinergitas penyuluhan perikanan yang melibatkan penyuluh pertanian sebagai entitas penyampai pesan belum dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan pelaku utama perikanan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s