Pemuda Memberikan Kontribusi Terhadap Indonesia Dalam Prespektif Masa Kini


Screenshot_2Banyaknya warga negara Indonesia yang tidak sadar, bagaimana caranya mengisi Kemerdekaan dan menjadi warga Negara yang baik. Menjadi warga Negara yang baik, menurut saya, yaitu menjadi warga Negara yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan cara menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, peduli terhadap lingkungan, baik manusia di sekitar, maupun lingkungan alam di sekitar kita, peka terhadap setiap gejala sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat, selalu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, dan selalu bertindak adil dan berani dalam setiap perbuatan yang disertai tanggungjawab. Indonesia ini terlalu besar untuk menjadi negara yang hanya majukan oleh satu golongan atau satu suku tertentu, perlu energy yang besar untuk mengelolanya.

Memperhatikan berbagai situasi dan kondisi masyarakat di sekitar saya, terutama kondisi pemudanya tidak dapat dikatakan baik, hal ini dapat dilihat masih banyaknya pemuda yang tidak memanfaatkan waktu yang dimilikinya dengan baik. Anak muda saat ini masih banyak yang menghabiskan waktu dan uang nya hanya sekedar happy namun tidak bermanfaat, juga masih banyak pemuda yang nongkrong di warung-warung sambil menghabiskan waktu dengan cara bermain kartu atau hanya sekedar ngobrol-ngobrol yang tidak jelas. Tentu hal ini sangat disesalkan karena pemuda yang seharusnya merupakan tunas pemimpin masa depan yang seharusnya dapat memanfaatkan masa mudanya dengan melakukan banyak kegiatan yang bermanfaat malah membuang-buang waktunya secara percuma.

Sebagai pemuda, kita wajib belajar, berlatih dan berjuang tanpa henti, juga aktif dalam menyampaikan pendapat, membuka saluran ekspresi, dan mendorong partisipasi masyarakat untuk membenahi persoalan-persoalan yang muncul di lingkungan kita. Salah satu cara menyampaikan pendapat dan membuka saluran ekspresi yang paling layak menurut saya adalah dengan ikut berpartisipasi dalam organisasi-organisasi pemuda, dalam organisasi ini, kita dapat menyampaikan pendapat kita dalam rapat organisasi tersebut dan kemudian akan disampaikan kepada pemerintah yang berwenang untuk membuat berbagai macam kebijakan di Indonesia. Dalam organisasi ini, kita juga dapat membuka saluran ekspresi kita dengan cara membuat acara-acara yang kreatif dan innovatif yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Untuk mengubah bangsa Indonesia, khususnya pemuda, agar sesuai harapan kita semua adalah mudah, Cuma butuh kembali kepada Kearifan Lokal Indonesia, di bawah ini akan saya uraikan masalah ini dalam berbagai aspek, yaitu:

Untuk mewujudkan Indonesia yang kokoh tentu mudah, hal ini hanya melalui Kearifan Lokal Indonesia. Perbaikan sistem-sistem ini dapat dilakukan dengan merubah kurikulum pendidikan di Indonesia yang terbukti Gagal menghasilkan manusia-manusia Indonesia yang memiliki kebanggan terhadap bangsanya, keteguhan berkarya, sikap rendah diri, malu korupsi,Jujur, berani, mempunyai semangat juang, dan pantang menyerah.

Menurut hemat saya, kurikulum yang seharusnya ada di Indonesia itu minimal berisi tentang Peran, Tugas dan Tanggungjawab sehingga kita tidak lagi melempar kesalahan kita kepihak lain selanjutnya kita mampu berbenah diri menuju Indonesia yang semakin baik dan bermutu. Untuk ini, dibutuhkan kerjasama antara Sekolah, Perserta Didik, dan Orang tua dalam menggali tumbuh kembang anak menjadi pribadi yang tangguh dan cerdas serta berbudi luhur sehingga dikemudian hari, mereka sadar mana yang BOLEH berdasar Kearifan Lokal Indonesia, bukannya Cuma mana yang mereka Mau. Dengan demikian, mereka otomatis sudah membentengi dirinya dari godaan dan jeratan Korupsi, Narkoba atau yang buruk lainnya.

Pemerintah Indonesia telah mencanangkan tahun 2009 sebagai tahun ekonomi kreatif yang berbasis Kearifan Lokal Indonesia. Ekonomi kreatif yang berbasis Kearifan Lokal Indonesia menurut pandangan saya adalah perekonomian yang diharapkan mampu memunculkan potensi-potensi kreatifitas pemuda yang selama ini masih terpendam, selain itu hal ini juga dapat mengurangi tingkat pengangguran, hal ini dilakukan oleh masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan ide-ide kreatif yang ada dalam masyarakat, baik berupa kesenian, pemanfaatan limbah-limbah untuk didaur ulang, maupun pengaplikasian ilmu-ilmu yang dimiliki masyarakat dalam bidang teknologi. Ekonomi kreatif yang berbasis Kearifan Lokal Indonesia sangat berguna bagi Indonesia karena dapat mengurangi ketergantungan bangsa Indonesia terhadap barang impor dan hal ini juga dapat menambah pendapatan bangsa Indonesia karena barang dan jasa yang dihasilkan dari ekonomi kreatif tersebut dapat diekspor ke Negara lain. Ekonomi kreatif yang berbasis Kearifan Lokal Indonesia juga merupakan salah satu solusi bagi pemerintah Indonesia untuk mengurangi pengangguran karena ekonomi kreatif ini tentu dapat membuka jenis lapangan-lapangan pekerjaan baru.

Pemuda, sebagai pelurus dan penerus pemimpin bangsa, dapat berperan aktif dalam pengembangan ekonomi kreatif yang berbasis Kearifan Lokal Indonesia , salah satunya dapat dilakukan dengan cara mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah didapat di bangku sekolah/kuliah dalam berbagai produk-produk atau jasa-jasa kreatif, misalnya adalah pelajar SMA yang telah mendapat ilmu tentang akuntansi diharapkan inovatif dalam kemampuannya mempraktekannya dalam produk-produk seperti pembuatan software tersebut. Para pemuda juga diharapkan tidak hanya mengambil ilmu yang diajarkan di sekolah/perguruan tinggi saja, tetapi juga mampu mengembangkan ilmunya lebih lanjut dengan membaca berbagai referensi dari buku-buku pendukung lain. Para pemuda juga diharapkan mampu mengembangkan kreatifitas-kreatifitas non akademis mereka seperti di bidang kesenian maupun teknologi. Para pemuda juga dapat menyalurkan kreatifitasnya dengan cara menulis, baik menulis artikel, buku, esai, maupun karya ilmiah yang bermanfaat bagi perkembangan bangsa Indonesia.

Ekonomi kreatif yang berbasis Kearifan Lokal Indonesia di Indonesia tidak akan berkembang jika tidak didukung oleh rakyat. Maka, dalam hal ini,kita semua harus berpartisipasi penuh pada kreatifitas yang dikeluarkan oleh anak bangsa Indonesia.

Berbagai cara yang dapat ditempuh oleh kita untuk mendukung ekonomi kreatif yang berbasis Kearifan Lokal Indonesia antara lain, kita menumbuhkan kewirausahaan para pemuda kemudian kita ajak partisipasi berbagai pihak dan investor sebagai penyandang dana sehingga produk yang dihasilkan akan semakin produktif dan kompetitif.

Adanya pelarangan impor barang bagi barang yang sudah dapat kita hasilkan sendiri. Hal ini sangat penting dilakukan pemerintah karena hal ini dapat melindungi sekaligus meningkatkan penjualan barang produksi dalam negeri. Apabila hal ini tidak dilakukan, maka barang-barang yang diproduksi dalam negeri dapat kalah bersaing dengan barang yang diproduksi oleh luar negeri. Contoh dari pelaksanaan kebijakan ini adalah, apabila Indonesia telah dapat memproduksi tas buatan dalam negeri, maka seharusnya pemerintah melarang import tas buatan luar negeri seperti Duppont, adidas, dan sebagainya.

Adanya insentif yang diberikan bagi pelaku ekonomi kreatif yang berbasis Kearifan Lokal Indonesia yang memproduksi dan memperkerjakan karyawan dalam jumlah tertentu. Hal ini penting dilakukan sebagai perangsang bagi pelaku ekonomi kreatif untuk terus melakukan produksi dan memperkerjakan karyawan dalam jumlah banyak sehingga dapat menyerap banyak tenaga kerja dan dapat mengurangi pengangguran.

Ekonomi kreatif yang berbasis Kearifan Lokal Indonesia mampu menjadi bagian dari meredefinisikan kembali nasionalisme secara mutakhir sesuai jaman, hal ini dapat terjadi karena dengan adanya ekonomi kreatif yang berbasis Kearifan Lokal Indonesia maka masyarakat Indonesia akan lebih terdorong untuk menggunakan produk yang dihasilkan dari dalam negeri dibanding dengan produk yang dihasilkan oleh luar negeri dan hal ini akan semakin meningkatkan kebanggaan terhadap Negara Indonesia. Ekonomi kreatif yang berbasis Kearifan Lokal Indonesia juga dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata bangsa asing dengan cara mengekspor barang yang mutunya bagus ke Negara lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s