Apa Itu Barcode dalam Kemasan Produk


 

makanan-kemasanBarcode adalah kumpulan kode yang berbentuk garis, dimana masing-masing ketebalan setiap garis berbeda sesuai dengan isi kode produknya. Barcode informasi terbacakan mesin (machine readable) dalam format visual yang tercetak. Barcode dibaca dengan menggunakan sebuah alat baca Barcode atau lebih dikenal dengan Barcode Scanner. Barcode merupakan salah satu persyaratan untuk sebuah produk agar dapat dipasarkan di retail modern yang memiliki jaringan pemasaran berskala nasional (Carrefour, Hypermart, Alfamidi, Alfamart, Hero, Giant).

Keuntungan penggunaan Barcode, antara lain :

  1. Proses input data lebih cepat, karena : Barcode Scanner dapat membaca/merekam data lebih cepat dibandingkan dengan melakukan proses input data secara manual;
  2. Proses input data lebih tepat, karena : Teknologi Barcode mempunyai ketepatan yang tinggi dalam pencarian data;
  3. Penelusuran informasi data lebih akurat karena teknologi Barcode mempunyai akurasi dan ketelitian yang sangat tinggi;
  4. Mengurangi biaya, karena dapat mengindari kerugian dari kesalahan pencatatan data dan mengurangi pekerjaan yang dilakukan secara manual secara berulang-ulang;
  5. Produk yang menggunakan Barcode akan memiliki nilai tawar lebih tinggi/prestise serta kemampuan bersaing dengansaingan/kompetitor.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Dalam rangka memfasilitasi produk UKM binaan Ditjen P2HP, maka pada tahun 2012 Koperasi Mina Produk Prima (KMPP) telah membuat Barcode untuk keperluan pemasaran produk branding. Barcode KMPP diterbitkan oleh GS1 Indonesia di bawah licensi GS1 global yang memberikanan kewenangan penomoran Barcode standard GS 1 System di Indonesia. Semua produk UKM binaan Ditjen P2HP yang siap dipasarkan ke retail modern harus menggunakan Barcode yang sama yaitu 899 702455. Sembilan digit terdiri atas :899 : Kode Negara702455 :Kode PerusahaanMasa berlaku Barcode tersebut dimulai November 2012 sampai dengan November 2015 dengan kuota 1.000 jenis produk. Saat ini sudah termanfaatkan 10 jenis produk UMKM dari kegiatan fasilitasi program branding produk perikanan yang telah dilaksanakan.

 

Sumber: Pedoman Branding Produk Perikanan, 2013

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s