Ekonomi Perikanan di Pedesaan


Ekonomi Perikanan dalam bentuk industrialisasi perikanan telah menciptakan Bisnis perikanan yang berkembang pesat, lintas batas, bersaing bebas, modal/investasi menjadi mudah dan banyak keunggulan lainnya.

Industrialisasi perikanan memiliki kendala dalam impelentasinya, salah satunya karena wilayah kita masih banyak yang minimun dengan inpastruktur, aksesibilitas dan sifat bisnis periknan sendiri yang memiliki kecenderungan menyebara dalam spot-spot yang kecil.

Konsep mengenai pengembangan ekonomi perikanan yang lebih sederhana dan tanpa harus terlalu banyak doktrin (dalam bentuk penyuluhan, sosialisasi) dari pihak luar dalam proses akselesasinya terbukti cukup handal dimasa krisis dan menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat dan sebenarnya telah berkembang sejak lama.  Usaha perikanan ini secara teri mungkin bisa dikatakan belum bangkable, tapi jangan salah dengan modal dari kantong pembudidaya itu sendiri pada akhirnya merekalah yang survive pada saat bisnis yang lain sudah mulai berguguran. Karakter bisnis perikanan yang demikina unik ini bisa kita cermati dari beberapa ciri, yaitu:

  • Kontrol pada demand dan supply berlangsung alamiah dan masyarakat sendiri yang akan menemukan sendiri trend, berdasarkan pengalaman yang sudah berlangsung lama > misalnya trend permintaan naik dan harga cukup bagus pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Keagamaan, > tren kesulitan proses produksi pada musim hujan (banyak penyakit dan pertumbuhan terhambat).
  • Pemerintah dan pihak swasta saling mendukung satu sama lain demi kemajuan sektor ril yang dikembangkan masyarakat
  • Masyarakat dalam perekonomian ini adalah bagian yang sangat penting, karena kegiatan produksi yang dilakukan, dimonitor dan dikelola oleh anggota masyarakat.
  • Tenaga kerja dan modal tidak mendominasi perekonomian, karena ekonomi didasarkan pada prinsip-prinsip keluarga.
  • Pengembangan pasar lebih kepada kebutuhan yang sudah dapat diprediksi karena memang produksi memenuhi ketahanan pangan daerah secara mandiri.

Apabila ditelurusi secara jujur, konsep ekonomi perikanan di pedesaan inilah justru yang membuat ekonomi negara lebih kokoh, karena industrialisasi perikanan yang menciptakan peluang investasi besar dan menghasilkan produk untuk tujuan ekspor/volume besar, terdorong oleh satu sisi pemenuhan ketahanan pangan oleh pengembangan bisnis perikanan sekala kecil dipedesaan yang mampu mensuplay kawasan sekitar desa dan kota-kota satelit sekitarnya.  Kolaborasi inilah yang tidak boleh ditiadakan karena menumbuhkan yang sudah ada menjadi lebih kuat, lebih berdaya akan lebih mudah daraipada mengembangkan yang baru dengan resiko yang belum dikatehaui.

ABS

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s