Nilai Kecernaan dan Penyerapan Diet Nukleotida


Nukleotida secara alami ada di semua makanan hewan dan tumbuhan sebagai nukleotida dan asam nukleat bebas. Konsentrasi RNA dan DNA dalam makanan tergantung terutama pada densitas sel mereka (Gil, 2002). Menurut Clifford Tahun 1976 melaporkan isi purin dan RNA di beberapa bahan makanan termasuk berbagai jeroan, makanan laut dan kacang-kacangan kering. Devresse (2000) juga melaporkan total isi (setelah hidrolisis lengkap) dari basa purin dan pirimidin dalam bahan aquafeed umum seperti pakan ikan (1,4%), Tepung Ikan (0,4%), Cairan ikan (2,8%), yeast (0,9%), ekstrak ragi (2,3%) dan protein sel tunggal (2,1%). Menurut Rumsey et al. (1992) melaporkan bahwa 12-20% dari total nitrogen dalam ragi bir Saccharomyces cerevisiae, protein sel tunggal digunakan untuk aquafeeds, terdiri dari nitrogen RNA, terutama di purin dan pirimidin dasar dari nucleoproteins. Berdasarkan penelitian mamalia (ditinjau oleh Quan dan Uauy, 1991), Nucleoproteins terdegradasi oleh protease untuk peptida dan asam nukleat. Asam nukleat dipecah oleh nucleases ke nukleotida.

Kelompok-kelompok fosfat dari nukleotida dikeluarkan terutama oleh fosfatase alkali usus ke nukleosida. Gula dapat dibelah oleh nucleosidase untuk menghasilkan purin bebas dan pirimidin basa. Nukleosida dan basa nitrogen diserap oleh mukosa usus. Studi pada manusia dan tikus menunjukkan mungkin ada spesies- perbedaan spesifik dalam pencernaan dan penyerapan eksogen nukleosida. Pada  manusia menyerap kombinasi dari berbagai intermediet nukleosida sedangkan pada tikus menyerap nukleotida terutama dalam bentuk nukleosida (Sonoda dan Tatibana 1978).

Penelitian pada pencernaan dan penyerapan nukleosida oleh ikan saat ini masih terbatas. Kehadiran dan karakterisasi protease dan basa phosphatase dalam usus ikan telah dipelajari dengan baik. Namun nuklease, enzim yang paling penting bagi nukleotida pencernaan pada ikan kurang dipahami, meskipun kehadirannya telah dilaporkan untuk beberapa ikan seperti Salmon rainbow (Roald 1978). Oleh karena itu sampai saat ini kapasitas mencerna nukleotida eksogen oleh berbagai ikan masih belum diketahui. Ada dua hipotesis yang telah diajukan untuk mengetahui  mengapa ikan perlu suplementasi eksogen nukleotida yaitu penelitian Borda et al pada tahun (2003) melaporkan bahwa nukleotida dalam bentuk non-bebas atau dalam bentuk asam nukleat cenderung sangat stabil dan sulit untuk dicerna dan dengan demikian direkomendasikan bahan yang seimbang untuk mengatasi kondisi stres tertentu, sedangkan penelitian Burrells et al. pada tahun 2001dan Low et al. (2003) menyatakan bahwa ada pasokan yang cukup dari nukleotida eksogen dalam standar pakan ikan komersial saat ikan diarahkan pertumbuhan yang cepat di bawah kondisi stres yang normal.

Perkembangan pengetahuan terbaru bagi kita yaitu mengenai daya cerna dan bioavailabilitas asam nukleat dalam bahan pakan alami seperti sumber protein laut atau ragi bir untuk ikan tetap tidak diketahui, meskipun tampaknya ikan yang seperti ikan salmon rainbown dapat memanfaatkan ekstrak asam nukleat ragi untuk pertumbuhan, retensi nitrogen dan sintesis asam amino non-esensial (Rumsey et al., 1992). Sebagai tambahan, Roald (1978) nukleotida serta protease dilaporkan dari ikan salmon rainbonwn bisa dihambat oleh kontaminan lingkungan seperti lignosulphonates.

Hal ini menunjukkan bahwa pencernaan dan penyerapan nukleotida dipengaruhi oleh berbagai faktor lingkungan dan/atau faktor fisiologis. Konsentrasi nukleotida dalam bahan pakan dan bioavailabilitas untuk ikan serta informasi tentang nukleotida dalam kolam ikan tidak sepenuhnya ditentukan, dan informasi tentang bagaimana faktor-faktor seperti stres dan polusi lingkungan menimbulkan pengaruh pada kecernaan nukleotida tidak diketahui. Isu-isu ini sangat penting untuk mendapatkan pemahaman yang lebih besar gizi nukleotida ikan dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s